Rabu, 29 Mei 2013

Pahami 4 Karakteristik Pelanggan Utama Anda


Belajar memahami bukan hanya diperlukan pada lingkungan sosial dan bertetangga, dalam dunia usaha khususnya seorang konsultan marketing juga harus dapat memahami karakteristik pelanggan utama.

Strategi dunia bisnis dalam menjaring pelanggan masing-masing mempunyai cara. Bagi seorang WomanMarketer, Veronica Ratna Ningrum memahami karakteristik pelanggan utama adalah salah satu syarat kesuksesan sebuah bisnis. Wanita Lulusan Universitas Kristen Indonesia (UKI) jurusan Manajemen yang kemudian meneruskan ilmu hingga ke Illinois-AS ini, selalu memberikan pelayanan terbaik pada klien. Veronica juga memperhatikan kebutuhan dari klien. Veronica mengungkapkan “Sebab sukses tidaknya sebuah bisnis, sangat tergantung dari cara kita menghadapi konsumen." Begitu juga dengan hubungan konsultan marketing dengan klien.

Veronica Ratna Ningrum yang merupakan Personal Branding Agency pada Indscript Creative ini mengatakan “Memahami karakteristik pelanggan ini sangat penting, sebab tanpa itu, kita tidak mungkin dapat menentukan strategi marketing dan memberikan layanan terbaik bagi mereka.” Karakteristik yang dimaksud yaitu meliputi:
- Informasi dasar tentang pelanggan 
- Bidang atau bisnis yang  dijalankan- Hal-hal yang disukai
- Problem yang di hadapi pebisnis 

Sumber
Mengenal pelanggan juga harus secara menyeluruh, ini nanti akan dibutuhkan saat menganalisa data pribadinya. Selain itu agar dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi pebisnis atau klien, seorang konsultan marketing perlu melakukan olah marketing seperti yang pernah dibahas sebelumnya yaitu Melesatkan Bisnis Melalui Olah Marketing. Selain itu juga menawarkan solusi bagi problem yang dihadapi pelanggan. Bagi Veronica, memahami siapa pelanggan utama bisnisny sebuah kewajiban dan bagian yang tak terpisahkan dari prinsip menjadikan konsumen sebagai raja. 



Artikel terkait:
  1. Mengenal Veronica Ratna Ningrum, Sang Konsultan Marketing
  2. 10 Tips Cerdas Marketing ala Veronica
  3. Veronica, WomanMarketer Masa Kini
  4. WomanMarketer: Sentuhan Wanita di Dunia Marketing
  5. 3 Panduan Mengemas Ide dan Kreativitas Marketing
  6. Rahasia Melesatkan Bisnis Kuliner
  7. Melesatkan Bisnis Melalui Olah Marketing
  8. Perlukah Seorang Konsultan Marketing?
Posting Komentar