Jumat, 24 Mei 2013

Mau Usaha?? Siapkan Business Plan Anda

Mau usaha??
Yuk, rencanakan usaha yang akan dijalankan melalui Business Plan.
Sumbe
 
Akhir-akhir ini dunia bisnis diramaikan oleh wirausaha muda. Bertahan atau tidak usaha yang dijalankan tentu saja dipengaruhi dengan mental, strategi, modal serta Business Plan.

Perencanaan dalam menjalankan sebuah usaha wajib dilakukan. Perencanaan bertujuan untuk mengantisipasi setiap permasalahan yang akan terjadi saat usaha sedang dijalankan. Memikirkan kemungkinan yang akan terjadi agar nantinya ditemukan solusi pemecahan sedini mungkin. Bila bisnis telah berjalan hanya ada tiga hal yang terjadi berhasil, stagnan atau gulung tikar.

Veronica Ratna Ningrum, seorang Konsultan Marketing yang bergelut cukup lama terutama dalam sektor Perbankan ini memiliki beberapa tips penting dalam mempersiapkan Business Plan:

1. Pahami secara menyeluruh dimulai dari klien, produk dan pasar
Memahami secara menyeluruh tentunya akan memudahkan kita untuk melakukan survey lebih dalam lagi. Agar produk yang ditawarkan lebih menyentuh segmen pasar. Dengan demikian kita dapat memiliki gambaran bagaimana cara atau strategi pemasaran yang tepat. 

2 Mengenal Kompetitor

Menjalankan sebuah usaha bila produk yang ditawarkan berbeda dengan yang lain (kualitas produk), memiliki strategi yang baik dalam pemasaran menjadi pilihan masyarakat (konsumen) tentu ini akan mengundang pesaing (kompetitor). Hal yang harus di pahami adalah memahami siapa saja kompetitor Anda. Lihatlah kualitas produk yang mereka tawarkan. Pahami kelebihan dan kekuranganny dari segi produk, layanan, strategi , target pemasaran. Lalu bandingkan serta cermati dengan teliti agar nantinya produk yang Anda miliki mampu bertahan.

3. Deskripsikan Bisnis Anda

Deskripsikan bisnis Anda dengan jelas dan lengkap mulai dari:
- lokasi;
Tentukan lokasi ramai/padat penduduk. Cermati segmen pasar Anda. Kesesuaian produk dengan lokasi yang menjadi pilihan.
- sektor yang akan dijalankan;
Pahami dengan benar sektor yang akan digarap, sehingga Anda mudah untuk menentukan produk yang akan Anda jalankan.
- bentuk produk dan layanan;
Survei dahulu sebelum memastikan produk yang Anda memiliki sesuai dengan keinginan pasar. Perhatiakn juga pelayanan yang akan dijalankan.
- modal dan investasi lainnya;
Pertimbangankan lokasi, produk dengan modal yang Anda miliki, karena modal besar belum menentukan kesuksesan suatu usaha.
- analisa pasar;
Lakukan analisa terhadap segmen pasar yang menjadi target Anda.
- proyeksi laba atau kembalinya modal;
Hitung kembali dari segala keperluan usaha, kesediaan modal cadangan untuk menentukan harga jual dan nantinya dapat memperkirakan laba yang akan didapat.
- manajemen;
Bentuklah sebuah manajemen yang bermental baja, sehingga apapun yang akan terjadi Anda mampu mengatasi.
- strategi pemasarannya.
Strategi pemasaran harus sesuai dengan analisa pasar yang telah Anda lakukan. Buatlah strategi pemasaran lebih dari dua, sehingga Anda memiliki cara/ alternatif stratgei pemasaran.
  
4. Buat Business Plan dengan rapi dan profesional
Anda bisa menggunakan jasa konsultan marketing agar mudah dibaca dan dipahami, serta memiliki parameter yang jelas, karena ini menjadi penentu awal kesuksesan bisnis Anda.

5. Perencanaan Modal
Bila Anda membutuhkan modal tambahan, konsultan marketing dapat membantu Anda untuk memberikan masukan serta solusi untuk mendapatkan sumber penyedia mosal. Bantuan modal tentunya mensyaratkan timbal balik, jadi pastikan bahwa perusahaan Anda dapat memberikan solusi yang memuaskan, baik bagi penyedia modal maupun bagi bisnis Anda sendiri.

6. Siapkan perencanaan alternatif. 
Veronica salah satu Personal Branding Agency dari Indscript Creative dan juga CEO dari PT Masterindo Multiguna ini menyarankan, selalu siapkan alternatif, untuk mengantisipasi jika perencanaan pertama mengalami hambatan. Dalam dunia bisnis, hambatan bisa muncul secara tak terduga. Untuk itu, selalu siapkan payung sebelum hujan, dengan cara mempersiapkan Business Plan Anda secermat mungkin.




Setelah beberapa langkah diatas telah Anda pahami cobalah untuk memikirkan usaha apa yang hendak Anda jalankan. Bila Anda memiliki rencana namun masih bingung untuk memulai dari mana usaha Anda silahkan menghubungi  Veronica Ratna Ningrum, Semoga dengan tangan dinginnya mampu mengatasi masalah atas usaha yang anda jalani.

Selamat menjalankan usaha Anda....
Posting Komentar