Rabu, 01 Mei 2013

Cintai diri sendiri untuk sebuah perubahan

"Fokus pada solusi itu membahagiakan" Ermalen Dewita
Bila kita melihat sedikit maksud dari kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap hal membutuhkan solusi semudah sesulit apapun kehidupan harus memiliki solusi. Ermalen Dewita adalah seorang Motivator Pemberdayaan Diri artikel yang berkaitan tentang dirinya bisa dilihat disini dan sini. Dewi yang biasa disapa sering memberikan pelatihan tenang pengembangan diri pada instansi, perusahaan dan lainnya. Biasa dalam pelatihannya mengangkat tema Make Over Yourself with Ermalen Dewita. Menurutnya ada tiga unsur terpenting dalam diri manusia yaitu:
  •  Power dari Mind (pikiran)
Pikiran itu jendela hati dan jiwa. Pikiran adalah apa yang tercipta dari indera penglihatan, pendengaran, peraba dan perasa. Pikiran dapat mempengaruhi kesehatan. Pikiran juga bisa merubah sifat seseorang, mengapa? Pikiran salah satu pusat terjadi sebuah prilaku. Bila pikiran tersentuh dengan pola pikir negatif dan menyesatkan maka hal negatif juga akan mengiring dalam kehidupan sehingga sifat turut larut dalam jalannya kehidupan tersebut.

Pikiran adalah lentera jiwa. Benahilah pikiran untuk menerangi jiwa Anda. Anda dapat memulai dengan mengarahkannya ke arah yang jelas. Dengan demikian, kita dapat membedakan mana pilihan yang sesuai atau tidak dengan kita, sehingga kita dapat menentukan langkah terbaik dalam jalani hidup. Sedangkan jiwa adalah energi dalam diri. Bila diibaratkan kendaraan, jiwa adalah mesin  dan tubuh adalah casing-nya. Seringkali keberadaan jiwa tidak disadari. Dengan menggali kekuatan jiwa atau soul power, kita dapat mengakses kekuatan energi tersebut dan menggunakannya untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Tubuh ibarat istana bagi jiwa dan pikiran, yang perlu dirawat dan dilatih agar dapat berfungsi selaras dalam diri kita,” ujar Dewi yang merupakan Personal Branding Agency pada Indscript Creative.
Perubahan pada diri bukan hanya sekedar keingingan tapi keharusan, sehingga kekuatan pikiran mampu mangarahkan kehidupan kita. Manusia hidup tentu berpikir, sehingga pikiran itu mampu mensugesti diri sendiri.
  •  Body (tubuh)
Tubuh adalah tempat dimana terjadi segala aktivitas anggota tubuh. Rasa kelelahan dapat mempengaruhi mood. Langkah terbaik yaitu kita mampu memahami keinginan diri, sehingga tubuh menjalankan sesuatu juga sesuai dengan keinginan. Memaksakan diri untuk mengikuti aktivitas yang tidak menyenangkan atau tidak sesuai kata hati bisa membuat tubuh merasa cepat lelah.

Pada sebuah artikel milik Indscript Creative dikatakan "teknik mengakses pikiran bawah sadar dan teknik penyembuhan (healing) sebagai media alternatif untuk mencari pemecahan masalah atau menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi." Melalui pelatihan Make Over Yourself with Ermalen Dewita, Dewi mengajak agar para peserta mampu:
  1. meningkatkan kesadaran diri sebagai ciptaan Tuhan;
  2. mengenali potensi terbaik dari dalam diri;
  3. menerima keadaan diri dengan segala kekurangan dan kelebihannya;
  4. membuat goal setting sesuai passion;
  5. meningkatkan power dari dalam diri;
  6. memperkuat perasaan syukur, ikhlas dan bahagia.
  •  Soul (jiwa)
Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa menggali kekuatan jiwa atau soul power, kita dapat mengakses kekuatan energi tersebut dan menggunakannya untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Dewi mengatakan Anda dapat belajar memahami diri sendiri melalui:
  1.  menyadari bahwa sebenarnya Anda mampu melakukan banyak hal, yang sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan;
  2. motivasi dan kepercayaan diri Anda akan tumbuh dan menguat, seiring dengan pemahaman diri yang semakin baik;
  3. lakukan perubahan yang menyeluruh terhadap diri dan pribadi.
Bila ingin berubah, belajar untuk mencintai diri sendiri. Lakukan segala hal sesuai dengan keinginan dan dengan hati yang ikhlas sehingga setiap hasil yang diterima juga mampu memberikan kebahagiaan bila ditemui kegagalan jangan menyerah tetap harus meyakini diri bahwa suatu saat kita bisa dapatkan yang kita inginkan. Proses adalah sebuah jalan berliku. :)

"Hadapi orang yang membuatmu sakit hati. Bukan untuk membalas dendam, tapi untuk memaafkannya dan berterimakasih dalam hati, karena dia telah menjadi guru untukmu tentang tentang sikap yang buruk yang tidak perlu kamu lakukan" Ermalen Dewita


Pin BB : 289875C1
HP : 0811-9626-57
Fans page fb : Ermalen Dewita Full
Twitter : @ErmalenDewita
Email  ermalendewita@gmail.com

Posting Komentar