Sabtu, 04 Mei 2013

Kepedulian Media Digital Di Indonesia

Seberapa perduli masyarakat Indonesia terhadap Media Digital?
Mengukur kepedulian masyarakat Indonesia terhadap Media Digital juga harus membedakan antara tujuan penggunaan dan fungsi penggunannnya. Indonesia termasuk negara pengguna media digital yang cukup besar. Namun apakah penggunaan yang dilakukan itu berdampak untuk kemajuan intelektual masyarakat atau sekedar gengsi belaka.

Dalam sebuah artikel milik Indscript Creative dikatakan pengguna media digital di Indonesia mengoptimalkan teknologi ini dalam berbagai aspek kehidupan. Razi Thalib yang merupakan Personal Branding Agency mengatakan "kini sudah saatnya para pengguna media digital di Indonesia mengoptimalkan teknologi ini dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak lagi sekadar sebagai pemakai, namun juga menggunakannya sebagai media untuk mengedukasi masyarakat, merubah cara berpikir, memberikan solusi, serta mendorong mereka ke arah perubahan yang lebih baik."

Kenyataan yang terjadi masyarakat Indonesia khususnya usia remaja dan menjelang dewasa senang bersosialisasi menjadikan jejaring sosial sebagai tempat sosialisasi. Anggapan "gak gaul" bila tidak memiliki akun jejaring sosial, minder karena tidak punya BB ketika ditanyain Pin BB. Hal seperti ini yang masih berkembang dalam masyarakat.

Perlahan tapi pasti ke depannya Indonesia juga menggunakan Media Digital sebagai sarana promosi bisnis. Ini menjadi bukti kemajuan masyarakat terhadap Media Digital meskipun masih kecil dibandingkan Negara lain. Contoh kecil lain di Indoneisa saat ini semakin marak online shop yang menyediakan kemudahan masyarakat untuk berbelanja di mulai dari gadget, peralatan elektronik dan rumah tangga, aksesoris, sepatu, sandal, jam dan perlengkapan berpakaian, makan serta minuman dengan fasilitas delivery ada juga perlengkapan ibadah, jual beli buku serta kebutuhan lainnya.



Razi Thalib, CEO Bridges and Balloons Digital Agency melihat ini sebagai peluang. Menurut Razi, sudah seharusnya para pelaku bisnis, lembaga penyedia layanan masyarakat, instansi, pendidikan sadar akan fungsi media digital lebih jauh lagi. Razi Thalib berpendapat bila kita bisa memaksimalkan penggunan media digital keuntungan yang didapat adalah:
- menjalin loyalitas;
- menghemat waktu;
- dapat memberikan solusi untuk keperluan sehari-hari.

Betapa sayangnya bila masyarakat hanya menjadi penonton dan konsumen setia tanpa memanfaatkan kemudahan akses untuk meciptakan sebuah karya. Karya atau usaha kecil bila terus dikembangkan suatu saat bisa menjadi besar. Tapi bila kita tidak berkeinginan untuk memulai kita tetap menjadi penonton setia saja. Jadikan media digital sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan dan konsumen setia, dua hal ini yang harus menjadi perhatian para pelaku bisnis saat ini.
 


Bila Anda memiliki bisnis (produk) atau jasa dan ingin memanfaatkan media digital untuk membangun usaha dan menjaring konsumen, Anda bisa menghubungi Razi Thalib. :)



Posting Komentar