Kamis, 18 April 2013

Adjie Silarus: Panduan Meditasi (Sejenak Hening)

meditasi-sufi-anand-ashram
Sumber

Menurutmu Meditasi itu apa?

Setiap orang tentu memiliki pemikiran yang berbeda ketika mendengar kata Meditasi. Meditasi yang sering dikatakan menenangkan pikiran dengan posisi duduk bersila pada tempat yang tenang dan nyaman. Pada kamus, meditasi adalah latihan untuk berkonsentrasi dan fokus pada suara, objek, visualisasi, napas, gerakan, atau perhatian sendiri dalam rangka meningkatkan kesadaran atas saat ini, mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, serta meningkatkan pertumbuhan pribadi dan spiritual. Pada sumber wikipedia Semadi atau meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Makna harfiah meditasi adalah kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, merenungkan.



Berikut ini akan sedikit dipaparkan mengenai Panduan Meditasi dari Adjie Silarus yang merupakan Personal Branding Agency di Indscript Creative:

  1. Sejenak hening, dapat dilakukan untuk memberantas stres dan meredam kemarahan. Dengan posisi duduk di kursi seperti biasa, posisi kaki menyentuh lantai, kedua tangan di atas lutut, duduk tegak dan punggung tidak bersandar. Pasang timer 1 menit, pejamkan mata dan fokus pada napas. Sejenak hening pun dapat dilakukan sembari duduk di lantai. Jika dengan duduk di lantai, ambillah posisi bersila senyaman mungkin. Sejenak hening merupakan meditasi paling sederhana dan sangat mudah dilakukan. Teknik ini dapat dilakukan di manapun dan hanya 1 menit per hari.
  2. Teknik bernapas. Pada teknik ini, kita berkonsentrasi untuk menyadari saat menghirup dan menghembuskan napas. Saat menghirup napas, katakanlah pada diri sendiri, “Menghirup napas, saya tahu saya sedang menghirup napas”. Dan saat napas dihembuskan, katakanlah, “Menghembuskan napas, saya tahu saya sedang menghembuskan napas”. Ketika latihan, tidak perlu mengatakan semua kalimat tersebut melainkan menyingkatnya dengan mengatakan “masuk” saat menghirup napas dan “keluar” saat menghembuskan napas. Lakukanlah minimal 1 menit agar dapat merasakan keutuhan dalam diri kita.
  3. Harmonisasi pikiran. Dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : berdiam diri, konsentrasi, memotivasi diri, tekun dan sabar, serta mengolah kebahagiaan yang ada dalam diri.
Semoga Panduan Meditasi dari Adjie Silarus ini bisa bermanfaat dan menjadi acuan Anda untuk mulai bermeditasi. Bila memerlikan seorang meditator untuk meditasi Anda dapat menghubungi Manajemen Adjie Silarus. Artikel lain yang berkaitan dengan Adjie Silarus  sebagai Personal Branding Agency  pada Indscript Creative yaitu:



 





Manajemen Adjie Silarus
email : me@AdjieSilarus.com 

HP 081802550247 / 087738244701
BB : 268ED6C1
Twitter:  @AdjieSilarus
FB:  Adjie Silarus Meditator”

Selamat Bermeditasi.........

 

Tidak ada komentar: