Selasa, 26 Februari 2013

Adjie Silarus: Fungsi Meditasi Bukan Sekedar Melatih Pikiran

Adjie Silarus seorang meditator yang menjadi  Brand pada Personal Branding Agency milik Indscript Creative. Artikel kali ini membahas tentang aktivitas meditasi berdasakan fungsinya. Sebelumnya ada beberapa artikel yang berkaitan dengan artikel yang akan di bahas dibawah ini yang bisa Anda baca:
 Mari disimak artikel berikut ini:
Fungsi meditasi bukan sekedar melatih pikiran
Kita dapat belajar untuk menyadari kehadiran kemarahan yang datang sebagai tamu tak diundang dengan menyambutnya melalui jamuan positif. (Adjie Silarus)
Aktivitas duduk bersila dengan mata terpejam dan pengaturan nafas dalam sebuah meditasi, bukanlah sebuah ritual agama tertentu. Sikap badan seperti itu bisa dilakukan siapa saja, dan bisa memberikan dampak positif yang hebat dalam hidup kita.
Aktivitas tersebut bisa melatih pikiran ke arah lebih positif, alih-alih bisa menghilangkan stres yang sedang mendera. Pola yang digunakan dalam meditasi membantu setiap orang untuk mengendalikan cara berpikir hingga bagaimana cara mengenali siapa diri kita sesungguhnya.
Ketika jiwa terasa hampa, gelap seolah tidak ada cahaya, maka segeralah kembali merenungkan apa tujuan kita hidup. Proses merenung dimana pikiran hanya terfokus pada pada satu hal yaitu DIRI ANDA. Kenali apa kelebihan dan kekurangan diri, pencapaian dan kegagalan yang sudah dilalui, koreksi positif dan negatif yang dimiliki, dan capailah satu kesimpulan, “buang yang buruk, ambil yang baik.”
Masa lalu bukanlah patokan masa depan kita, bukan pula target masa kini kita. Masa lalu, masa kini, dan masa depan menjadi tiga hal yang berbeda. Meditasi membuat kita fokus pada masa kini. Menjalankan hidup sebaik-baiknya di masa kini, terlepas dari seburuk apa kita di masa lalu. Jika kita di masa kini sudah fokus dan mengusahakan yang terbaik, bukan tidak mungkin masa depan kita akan berkilau selayaknya berlian.
Meditasi membantu kita untuk menjalankan hidup sepositif mungkin. Sekali lagi, tidak peduli bahwa ada begitu banyak perubahan mengejutkan dalam hidup kita, kita tetaplah berada dalam posisi tenang.
Metode meditasi akan membantu kita mengendalikan arus pikiran, sehingga masalah berat tidak bertambah berat, dan masalah kecil tidak menjadi berat. Sikap kita pun akan menjadi lebih stabil dan positif.
Adjie Silarus merupakan seorang Meditator yang sudah merasakan hasil dari meditasi yang sudah dilakukan bertahun-tahun ini. Adjie, yang pernah memiliki penyakit yang berawal dari stres ini, berusaha menyembuhkan penyakit dengan pola pikirnya, bukan dengan obat-obatan. Dia menggunakan meditasi sebagai sarana penyembuhan fisiknya. Gaya hidup positif yang berawal dari meditasi, dilakukannya secara konsisten, sehingga bukan saja pola pikirnya yang terlatih namun kesehatannya pun pulih jauh lebih baik!
Meditasi yang sering dikaitkan dengan praktek semedi pada kalangan agama tertentu ini, sebenarnya sudah dilakukan oleh nenek moyang kita sejak dulu, sebagai salah satu bentuk rasa syukur atas kekuatan Maha Besar yang menggerakkan kehidupan. Meditasi menjadi sarana perenungan dan penyatuan diri terhadap alam sekitar. Inilah sebabnya, meditasi sebenarnya bisa dilakukan oleh lintas agama, dengan niatan melatih pikiran untuk lebih bisa menerima keadaan diri.
Bahkan pada masa kini, meditasi modern lebih menekankan pada fungsi melatih pikiran, meskipun ternyata manfaat meditasi bukan sekedar itu saja.Banyak efek positif lainnya yang bisa didapatkan. Diantaranya adalah tumbuhnya kesadaran terhadap diri sendiri, lebih mengenal dan memahami alam sekitar, menumbuhkan kepercayaan diri dan kesabaran untuk rendah hati.
Selain itu,  meditasi bisa membuat seseorang dekat dengan Sang Maha Pencipta, mensyukuri apa yang telah digariskan oleh-Nya. Sehingga dengan penerimaan yang positif terhadap Sang Pencipta dan diri sendiri tersebut, lahirlah kesehatan pada tubuh. Fungsi organ tubuh menjadi membaik, dan pada beberapa kasus bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti yang sudah dirasakan oleh Adjie Silarus.
Jika dengan teratur bermeditasi, seseorang bisa meraih kualitas hidup yang lebih baik dari sebelumnya,  lalu apa yang perlu ditunggu? Adjie Silarus akan membantu Anda untuk memulai hari-hari yang lebih cerah dan bahagia dengan meditasi.
Sejumlah pelatihan bisa didapatkan untuk memperoleh kualitas meditasi yang benar-benar bermanfaat. Bukan hanya sekedar melatih pikiran, namun juga mencerahkan hidup dan meningkatkan kesehatan. Jalan sukses akan terbentang lebih lebar manakala kita bahagia dan sehat jasmani rohani.
Pikiran yang jernih dan penerimaan positif akan membuka segala jalan mencapai  pertolonganNya. (Adjie Silarus)
Yuk bermeditasi agar hidup semakin cerah dan kesehatan dapat terjaga. Kalau bukan kita yang memulainya siapa lagi? :)

 Selamat bermeditasi..

Tidak ada komentar: