Senin, 11 Februari 2013

Meditasi: Mens Sana In Corpore Sano

Ayooo siapa yang tidak ingin hidup sehat?

Saya yakin semua tentu ingin hidup sehat. Hidup sehat itu bukan hanya tampak (terlihat) sehat dari fisik saja, tapi hati dan jiwa juga harus sehat. Sesungguhnya sehat itu mudah dan murah. Berkeinginan hidup sehat berarti siap untuk memiliki gaya hidup yang sehat pula. Yang terpenting adalah niat untuk sehat.

"Mens Sana In Corpore Sano" dalam bahasa indonesianya  yaitu "pikiran yang sehat dalam tubuh yang sehat" ungkapan latin mahakarya sastra dari pujangga Romawi yang menjadi jargoan untuk keseehatan dan olahraga didunia. Sejak kecil kita sudah diperkenalkan untuk hidup sehat. Seiring berjalan waktu gaya hidup sehat pun berkembang. Dalam artikel Adjie Silarus yang membahas tentang "GAYA HIDUP SEHAT 2013: MEDITASI". Artikel tersebut press release pertama dalam situs Indscript Creative yang merupakan Personal Branding Agency dan agensi naskah.

Wow.. Benarkah meditasi menjadi gaya hidup ditahun 2013? Tapi bukankah meditasi sudah dikenal dari zaman dahulu? Kononnya meditasi berasal dari bahasa latin yaitu merenung dalam konteks keagamaan pada masa Yunani Kuno. Meskipun zaman telah berubah, ternyata meditasi tetap menjadi pilihan bagi masyarakat untuk bergaya hidup sehat. Bahkan sekarang semakin banyak orang memilih meditasi sebagai cara untuk penghilang stres. :)

Meditasi terlihat sederhana dengan sikap tenang, pengaturan nafas yang teratur, menenangkan pikiran, posisi duduk bersila dengan badan tegak seperti yang dikutip pada artikel Adjie Silarus menjadikan meditasi sebagai bagian dari gaya hidup "Katupkan mata, atur pernapasan, dan Anda akan mendapat kendali penuh atas diri dan hidup Anda". Hal sederhana ini akan berdampak luar biasa bagi kehidupan bila secara rutin dilakukan.

Meditasi dapat dilakukan setiap hari bila kita mempunyai (menyempatkan) waktu untuk duduk sejenak, diam, menangkan pikiran dan fokus pada keadaan saat itu. Dan yang perlu kita ingat bahwa meditasi bukan hanya aktifitas duduk bersila, merenung dan berdiam saja kita bisa melakukan meditasi disela-sela aktifitas keseharian.

Contohnya bila kita sedang menikmati secangkir kopi hangat, lakukan dengan kesadaran bahwa kita sedang meminum kopi yang sangat nikmat sekali. Dengan demikian apapun situasi kita bila kita bisa menikmati atau menjalani dengan kesadaran kita hidup akan terasa lebih menyenangkan.

Mari kita simak manfaat dari meditasi:
- Membawa kita dalam pemikiran positif dan hidup yang lebih baik;
- Bersikap jauh lebih tenang dan terlihat fresh dalam keseharian;
- Mampu menjaga keseimbangan diri;
- Kehidupan jadi lebih terarah.

Cita-cita yang terhambat, ambisi yang kuat, keinginan yang terhambat, permasalahan serta beban hidup merupakan pemicu stress yang tidak pernah berakhir. Dengan bermeditasi akan mengarahkan kita pada pemikiran kearah yang positif. Apapun beban hidup yang kita hadapi, permasalahan yang menyelimuti dengan bermeditasi tentu kita akan merasakan ketenangan bathin yang mengajak dan meyakinkan kita bahwa hari esok akan lebih baik.

Jangan ragu untuk bermeditasi. Jangan berpikir bahwa meditasi adalah sebuah kegiatan abnormal. Ingat kesehatan kita ditentukan oleh diri kita sendiri! :)
Selamat bermeditasi..... 
Posting Komentar