Senin, 11 Februari 2013

Meditasi: Mudah, murah dan menyehatkan


Dahulu pernah saya merasa memiliki beban hidup yang tidak ada habisnya. Kesabaran sungguh benar-benar diuji, banyak hal yang bisa memancing emosi saya. Pikiran tidak tenang pun selalu menghantui setiap malam, hingga sulit tidur tidak terelakan. Awalnya saya berpikir sebab tidak bisa tidur malam karena adanya pengaruh kafein, ternyata setelah mendengar dari beberapa teman mengatakan saya butuh ketenangan (relaksasi). Yah, saya akui ketika itu memang segala permasalahan berkecamuk dalam pikiran.

Nah, seorang teman menyarankan saya untuk duduk tenang dan bersila kemudiam memejamkan mata, atur nafas dan yakinkan bahwa semua masalah itu bisa terselesaikan. Ketika itu belum mengerti bahwa hal itu adalah meditasi ringan yang saya lakukan. Namun setelah membaca artikel dari Adjie Silarus tentang Gaya Hidup Sehat 2013 dalam website Indscript Creative yang merupakan agensi naskah dan Personal Branding Agency. Setelah membaca artikel tersebut barulah memahami bahwa meditasi itu bukan sebuah ritual salah satu agama atau sebuah cara untuk menyepi saja. Namun itu juga cara untuk hidup sehat. Artikel itu bisa dilihat disini.

Benarkah meditasi dikatakan mudah, murah dan menyehatkan?
Ya, saya percaya meditasi itu mudah, murah dan menyehatkan. Hal ini dikarenakan saya pernah merasakan dampak yang luar biasa setelah melakukan meditasi secara rutin saat itu. Pikian menjadi lebih tenang, permasalahan yang hadir pun mampu dihadapi dengan mudah meskipun melalui kerkil yang begitu tajam. Dan yang terpenting, saya masih dapat tersenyum bahagia meskipun ada beban pikiran yang masih menari dengan indah dikepala.

"Thee are zilion apportunities each day to meditate...
So just a grab a moment whenever wherever you can..." -Adjie Silarus-
Meditasi dikatakan mudah karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Seperti yang ditulisan Adjie Silarus dalam artikelnya 26 januari 2013 lalu bisa dilihat disini.  Dalam keadaan apapun kita bisa melakukan meditasi ringan. Yang terpenting kita harus bersikap tenang, dengan sadar kita menikmati apapun yang kita lakukan. Meditasi harus dilakukan dengan kesadaran diri. Sembari kita menonton televisi disela-sela iklan yang memakan waktu hampir sepuluh menitan kita bisa menenangkan pikiran lakukan dengan kesadaran diri bahwa kita ingin relaks, tentu nantinya tubuh kita akan merasakan sesuatu yang berbeda. Mudah bukan untuk hidup sehat?

Bila meditasi dilakukan secara rutin tentu saja kita akan bisa menikmati gaya hidup sehat yang mudah dan murah. Benarkah meditasi itu murah? 

Kita tidak perlu ragu untuk menjawab "Ya, benar sekali meditasi itu murah tetapi bukan murahan". Mengapa demikian? Meditasi sesungguhnya tidak perlu mengeluarkan biaya sepersen pun bila kita mempunyai niat. Semua tergantung pada keinginan yang mendasar dalam hati. Andaikata bila kita memerlukan seorang mentor untuk bermeditasi, tentunya dalam beberapa saat kita juga bisa mengerti bagaimana cara meditasi yang benar, setelah itu kita dapat melakukan sendiri. Menyehatkan itu sudah pasti, karena bila kita melakukan meditasi secara teratur keseimbangan tubuh akan tetap terjaga dan pikian positif selalu ada dalam pikiran kita. Perlahan beban kehidupan dimasa lalu akan hilang dengan sendirinya. Dan menjadi pribadi yang memiliki semangat hidup yang tinggi.

Selamat bermeditasi......  

Posting Komentar