Sabtu, 16 Februari 2013

Meditasi Untuk Mengikis Trauma Masa Lalu

Belum coba bermeditasi kita tidak akan tahu dampak positif bagi kehidupan pribadi. Semua orang pasti mempunyai trauma dalam kehidupan. Hal itu dirasakan dengan sadar maupun secara tidak sadar. Ada sebuah artikel milik Adjie Silarus sebagai meditator yang menjadi  Brand pada Personal Branding Agency milik Indscript Creative. Yuk, mari kita simak artikel Adjie Silarus.

Meditasi : Sebuah Jalan Menghilangkan TRAUMA Masa Lalu

Anda pernah mengalami masa lalu yang menyesakkan, bahkan hingga kini trauma itu masih tersisa  dalam hati Anda? Trauma bukan saja bisa mengganggu pikiran, tapi juga akan berpengaruh besar dalam langkah Anda menyusun masa depan. Tentu saja, Anda tidak ingin memiliki trauma itu, bukan?
Trauma bisa berbentuk kejadian seperti kecelakaan, kehilangan orang yang disayangi, pelecehan seksual, tekanan dalam kehidupan, putus cinta, mengalami kekecewaan, rasa bersalah yang menghantui, atau berbagai pengalaman negatif lainnya yang mengendap dalam ingatan Anda. Menghapus trauma tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh komitmen dan konsistensi untuk mengusirnya secara perlahan-lahan sehingga akhirnya tidak ada yang tersisa.
Tahukah Anda bahwa berMEDITASI bisa menjadi salah satu jalan menghilangkan trauma di masa lalu? Meditasi bisa membantu Anda mengikisnya, karena Anda akan dituntut untuk berdamai dengan diri sendiri apapun masalah yang Anda hadapi. Meditasi membimbing Anda menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang. Meditasi membuat Anda menganggap persoalan bukan sesuatu yang harus Anda sesali, melainkan tantangan yang harus Anda lalui. Meditasi mampu membuat Anda kembali mencintai diri sendiri, mendekatkan diri pada Tuhan, dan mengubah hidup Anda lebih positif.
Mengapa meditasi bisa mengubah trauma menjadi lebih positif? Sebab, meditasi membantu Anda melalui aktifitas menenangkan pikiran dan tubuh melalui pernafasan yang mendorong gelombang otak menjadi lebih tenang. Meditasi membuat Anda fokus pada masa kini, bukan masa lalu ataupun masa depan. Ketika ketenangan sudah Anda dapatkan, maka Anda akan lebih menikmati hidup yang Anda jalankan saat ini.
Adjie Silarus, adalah Meditator yang sukses mengikis masa lalunya yang buruk melalui metode meditasi yang dilakukan terus menerus. Adjie mencapai titik bahagia bukan karena apa yang akan dia dapatkan di masa depan, tetapi karena apa yang sudah dia dapatkan sekarang dan apa yang telah dia lakukan untuk mengikis trauma masa lalunya. Bahagia bukan semata-mata sebagai akibat tapi bahagia pun menjadi sebab.
Menurut Adjie Silarus, meditasi bukan saja mampu membantu Anda melepaskan diri dari trauma masa lalu, kecemasan serta ketakutan akan hal-hal yang belum tentu terjadi. Meditasi juga akan menuntun Anda meraih ketenangan, optimistis, dan mengubah pikiran negatif menjadi positif.
Lalu, bagaimana dengan Anda? Terpikir untuk menghilangkan trauma dengan meditasi? Mari kita mulai dari sekarang!
Manajemen Adjie Silarus, 268ED6C1

***
Setelah membaca atikel diatas, bagaimana apakah masih belum tertarik untuk mencoba Meditasi? Saya akan coba sedikit mereview. Biasanya kita mudah terpengaruh dengan apa yang kita lihat, dengar dan rasakan. Bila pengaruh itu positif tentu tidak ada salahnya, namun bila pengaruh yang merugikan tentu kita akan berpikir ribuan kali. Dengan membaca sebuah artikel pasti kita terpengaruh terhadap isi bacaan.

Pada kalimat "Meditasi membimbing Anda menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang." Kalimat tersebut sangat mengena dihati, dengan bermeditasi secara rutin kita bisa menikmati hasilnya dimasa akan datang. Dimana pengaruh positif yang tertanam pada diri sendiri akan membawa kita pada hal-hal yang baik dan mampu mengurangi trauma dimasa lalu.

Membaca artikel tersebut menambah sebuah pengalaman baru terutama ketika membaca beberapa penggalan kalimat  yang saya baca berkali-kali. "..bahagia pun menjadi sebab..." Ini sangat menarik perhatian. Segala sesuatu memiliki sebab dan akibat. Dalam artikel tersebut dikatakan bahagia menjadi sebab, menurut saya bahagia itu adalah cara kita merasakan sebuah keadaan dan bagaimana kita bisa membatasi antara sebab dan akibat masalah (permasalahan) termasuk rasa bahagia itu sendiri. Orang kaya memiliki kehidupan serba ada dan mudah belum tentu bisa merasakan bahagia yang sesungguhnya. :)

Yuk kita coba untuk meditasi! Seperti pada postingan saya sebelumnya Meditasi: Mens sana in corpore sano dan meditasi  murah, mudah dan menyehatkan

Nah, bila Anda memiliki trauma, permasalahan dimasa lalu tidak ada salahnya untuk mencoba MEDITASI. Rasakan hasilnya dikemudian hari. Semoga hari esok akan jauh lebih bahagia.

Selamat bermeditasi... 
Posting Komentar