Senin, 29 April 2013

Melihat potensi melalui karakteristik pelanggan

Sumber
 
Veronica memahami siapa pelanggan utama bisnisnya. Dengan demikian ia mengerti bagian ini salah satu yang tak terpisahkan dari prinsip menjadikan konsumen sebagai raja.
 “Sebab sukses tidaknya sebuah bisnis, sangat tergantung dari cara kita menghadapi konsumen” Veronica Ratna Ningrum
 
Bila telah mengenal Veronica Ratna Ningrum sebagai Personal Branding Agency pada Indscript Creative tentu kita bisa melihat bahwa beliau adalah sosok wanita yang hebat. Veronica seorang WomanMarketer yang juga menjadi konsultan marketing, ia CEO dari PT Masterindo Multiguna. Veronica telah sukses melaksanakan program marketing lembaga perbankan (bank nasional maupun asing).
Adapun cara yang veronica gunakan dalam menentukan strategi marketing yang akan dijalankan dengan memahami karakteristik pelanggan. Baginya ini adalah hal penting. Menurut veronica karakteristik itu dapat dilihat melalui:

  • Informasi dasar tentang pelanggan 
Infomasi ini tentu bisa didapat ketika perkenalan awal dengan klien (paling penting alamat kontak) sehingga memudahkannya berinteraksi dan mendapatkan serta memberikan informasi penting untuk memikirkan strategi yang akan digunakan. Kemudian, Veronica melihat siapa mereka, kisaran usia, kisaran penghasilan, lokasi tempat tinggal, atau lokasi bisnisnya. Ia juga memiliki database setiap pelanggan.
  • Bidang atau bisnis yang dijalankan
Mengetahui bisnis yang dijalankan, bagaimana mereka menjalankan bisnis tentu saja hal yang tidak kalah penting, karena dengan mengetahui bisnis (bidang) bisa langsung memikirkan target pasar yang akan dibidik dengan demikian bisa produk/jasa bisa dilihat atau diketahui dengan orang-orang yang tepat.
  • Hal-hal yang disukai
Setiap pelanggan memiliki kesukaan atau hobi berbeda, keunikan hobi seerta kesukaan mereka ini bisa menjadi bahan pertimbangan veronica dalam menentukan strategi. Tentunya jika kita memahami apa yang pelanggan sukai maka kita akan mudah untuk merancang program rewards atau program marketing lainnya guna membentuk loyalitas pelanggan. Program rewards ini menjadi daya magnet yang kuat untuk mendatangkan pelanggan baru.
  • Pemecahan Problem yang mereka hadapi
Problem dalam setiap bisnis adalah hal wajar yang sering terjadi. Veronica memahami ini sebagai hal penting yang menjadi perhatian lebih. karena konsultan marketing bukan hanya mampu memasarkan produk/jasa, tetapi juga memapu memecahkan/mencari jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada. Baik itu pada kliennya maupun pada pelanggan.
Sumber





Posting Komentar