Jumat, 26 April 2013

Kemudahan dan kenyamanan dari teknologi digital

Perubahan. Sebuah kata yang tepat untuk mengisi kehidupan ini. Meskipun baru seperempat abad saya hidup di dunia, namun bisa merasakan banyak perubahan yang dirasakan bila melihat beberapa tahun kebelakang. Masih ingat ketika zaman masih menggunakan seragam merah putih, sering sekali ngumpulin uang jajan hanya untuk membeli kaset dari penyanyi favorit. Tapi kini, dengan mudah lagu yang kita inginkan bisa didapatkan secara mudah. Perkembangan teknologi yang dahulu dengan komputer lengkap dengan laya monitornya yang besar kini lebih simpel dengan laya datar, berkembang dengan adanya laptop, notebook/netbook.


Teknologi, dahulu juga sudah ada tapi bisa dikatakan sekarang perubahan itu sangat memudahkan, disisi lain bila salah menggunakan juga akan membahayakan. Kini dengan semakin pesatnya  penggunaan teknologi menjadi peluang bagi Razi Thalib.

Razi yang merupakan pendiri agensi digital bernama Bridges & Balloons Digital Agency (BBDA), mengatakan bahwa nyaris tidak ada satu pun aspek kehidupan yang tidak tersentuh oleh sarana digital. Saya sangat setuju dengan pendapatnya mengingat teknologi bukan hal sulit untuk digunakan selagi kita ingin belajar, telihat banyak anak kecil yang bisa menggunakan laptop, hp untuk bermain game. Hal lainnya, yang banyak sekali muncul yaitu online shop yang membuktikan bahwa segala aspek kehidupan tersentuh sarana digital.
Situs pencarian pasangan hidup Setipe.Com baru saja diluncurkan oleh Razi Thalib. Razi merupakanPersonal Branding Agency pada Indscript Creative. Pada sebuah artikel ia mengatakan, bahwa sebenarnya teknologi digital tercipta untuk mempermudah segala urusan dalam hidup manusia. “Bayangkan jika tidak ada kamera digital, misalnya. Tentu sampai sekarang kita masih terus disibukkan dengan urusan cuci-cetak film di kamar gelap, lalu mengirim foto cetak melalui jasa pos yang makan waktu. Dengan teknologi digital, semua tahapan rumit itu dibuat menjadi mudah. Bahkan urusan editing foto sekalipun, bisa dilakukan secara digital. Kita bisa menghemat waktu dan menggunakannya untuk kegiatan produktif lainnya.” 

Dalam sebuah artikel Indscript Creative juga dikatakan Kemudahan tersebut juga berimbas pada semakin terbukanya kesempatan untuk menggunakan media digital secara kreatif. “Kita bisa menciptakan ruang untuk saling berkomunikasi dengan lebih leluasa, lebih cepat, dan lebih berarti. Kita juga bisa menggunakannya untuk meningkatkan volume penjualan, merespon permintaan konsumen dengan lebih baik, dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Pendek kata, semakin masyarakat paham bagaimana memanfaatkan teknologi digital dengan cara yang tepat, maka peluang untuk meningkatkan kualitas hidup semakin besar,” kata Razi.

Teknologi digital menjadi sebuah kebutuhan. Perubahan ini terlihat banyaknya jejaring sosial dan banyak pula yang menjadi member di sana. Teknologi digital menawarkan kemudahan dan kenyamanan, seperti ada virus ketagihan yang menyerang ketika kita telah mengenal teknologi digital. :)

Mari manfaatkan teknologi digital secara sehat...


Posting Komentar