Kamis, 11 April 2013

Hikmah dibalik melanggar aturan


Sumber
Kehidupan yang berjalan ini memang tidak pernah habis untuk diceritakan. Hari ini hikmah yang dapat di ambil adalah "segala sesuatu mempunyai aturannya." Allah sebagai maha pencipta memiliki aturan yang tertulis pada Al-quran dan hadits, sebagai manusia sudah wajib bagi kita untuk menjalaninya, meskipun kekhilafan bukan hal yang langka. Kita menjalani kehidupan di muka bumi saja memiliki peraturan yang dibuat pemerintah. Dalam sebuah keluarga tentu juga memiliki peraturan yang wajib dipatuhi anggota keluarga. Sekolah, kantor, lingkungan sosial dan lain sebagainya memiliki peraturan.

Segala sesuatu mempunyai aturan (kode etik)

Bagaimana menurut Anda bila ada seseorang yang melanggar kode etik dalam kantornya? Namun disisi lain Anda adalah pihak yang di untungkan.

Tentunya sebagian dari kita akan berpendapat orang itu layak mendapat surat teguran atau sanksi dari atasan. Yah saya setuju dengan pendapat yang demikian, namun ada hal yang harus diingat. Alasan orang tersebut melanggar tujuannya untuk apa, nah kalau hanya memperumit keadaan tentu harus dapat sanksi. Namun bila salah satu pihak diuntungkan dari informasi tersebut gimana? Disini saya sebagai pihak yang anggap saja di untungkan dalam hal ini sangat berterima kasih, karena dengan informasi yang sesungguhnya melanggar kode etik, kecurangan dapat terhindarkan. Sebagai manusia juga saya merasa kasihan dengan orang lain yang mendapatkan sanksi itu, karena kejujurannya telah melanggar kode etik namun menyelesaikan masalah saya.

Setiap pekerjaan memiliki resiko, apapun itu hadapi dan jalani. Insyallah, bila niat dan tujuan kita baik nantinya akan dituntun untuk menyelesaikan permasalahan itu dengan baik pula.

Kehidupan memang seperti dua sisi mata uang. Sisi yang dimaksud bisa dalam hal untung atau rugi, salah atau benar, maju atau mundur, tinggi atau rendah dan lainnya. Nah itulah kehidupan yang tentu saja setiap kejadian menyimpan hikmah tersendiri. Bersyukur menjadi cara ampuh agar kita bisa menerima segala sesuatu yang telah ditakdirkan pada kita.
Posting Komentar