Banyak cara yang dilakukan para pelaku bisnis supaya produk yang dimiliki bisa diterima pasar. Strategi marketing adalah hal mendasar yang harus diperhatikan. Inilah yang ditekankan oleh Veronica Ratna Ningrum, seorang womanmarketer.
sumber |
Marketing atau pemasaran adalah suatu proses untuk mendekatkan produk
yang telah dihasilkan oleh pelaku bisnis ke konsumen. Tujuannya adalah
agar produk tersebut dapat dengan mudah diakses oleh konsumen atau dapat
digunakan mereka secara tepat untuk memenuhi kebutuhan. Bagian
marketing ini memang merupakan bagian yang sangat penting dan krusial
dalam bisnis yang dijalankan karena menentukan keberhasilan dari bisnis
tersebut.
Melesatkan bisnis melalui olah marketing
ini dapat dilihat dari dua sisi pandang yaitu dari pihak produsen dan
juga pihak konsumen. Dari pihak produsen apabila prodaknya barang
maka,haruslah memerhatikan beberapa hal, yaitu tempat, kualitas produk,
harga, hingga pola promosi.
Tempat memang harus dipilih tempat yang strategis yaitu tempat yang
dapat diakses lebih mudah sehingga konsumen akan lebih mudah untuk
mendapatkan produk ini. kualitas produk juga harus sesuai dengan apa
yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Harga pun juga haruslah
harga yang dapat dijangkau oleh konsumen serta sesuai dengan manfaatnya,
atau harga yang kompetitif dibandingkan dengan produk lain yang
sejenis. Jika tidak main di harga yang kompetitif, maka positioning
produk harus benar-benar kuat menyasar target pasar. Faktor promosi
akan lebih mendekatkan produk yang telah dihasilkan ke konsumen sehingga
konsumen akan mengetahui dengan benar bagaimana, apa, manfaat, dan
keunggulan produk tersebut.
Dari pihak konsumen, hal yang harus diperhatikan adalah usaha untuk
memenuhi apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen tersebut,
kenyamanan konsumen terhadap produk yang dihasilkan, hal ini lebih
berkaitan pada rasa puas yang dirasakan oleh konsumen setelah
menggunakan produk tersebut. Dengan adanya rasa puas ini maka akan
timbul perasaan untuk kembali menggunakan produk ini.
Semua hal ini harus diramu dengan benar dan tepat oleh pihak
perusahaan terutama bidang marketing. Inilah nantinya yang akan menjadi
salah satu kunci keberhasilan produk. Dan inilah yang dimaksud dengan
melesatkan bisnis melalui olah marketing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar