Kamis, 06 Juni 2013

Meditasi untuk rasakan kedamaian

Meditasi dapat dilakukan dimana pun. Hanya membutuhkan ketenangan diri dan waktu sebentar untuk melakukan meditasi Sejenak Hening. Ketika kita menunggu sesuatu tentu sangat membosankan, agar lebih tenang dan nyaman ketika menunggu cobalah untuk meditasi sejenak hening. Hal ini akan mengurangi rasa bosan Anda.

Tentu semua tahu, bahwa memiliki pikiran yang tenang akan terhindar dari stress dan mengembangkan kemampuan diri. Namun kualitas ketenangan juga harus diperhatian. Tenang yang bukan sekedar tenang. Tetapi tenang yang sesungguhnya. Maksudnya adalah ketenangan yang didapat dari proses meditasi. Terlepas dari ketenangan yang paling hakiki dalam hidup yaitu pemberian dari Sang Pencipta Allah SWT.




“Meditasi tidak hanya dapat dilakukan di tempat tertentu, namun dapat dilakukan di mana pun. Dengan meditasi, akan diperoleh kedamaian dalam diri dan kita dapat bertindak lebih bijaksana,” Ujar Adjie Silarus meditator yang merupakan bagian dari Personal Branding Agency di Indscript Creative sering mengisi sesi training meditasi Sejenak Hening

Meditasi di ibaratkan sebuah alat atau sebagai media untuk menenangkan pikiran dan mempertajam intuisi. Seperti halnya kita membuat segelas kopi tubruk kemudian ditambahkan susu. Awalnya proses terlihat keruh, perpaduan kopi, air, susu bercampur. Kemudian di biarkan kopi susu itu tenang akan terlihat perbedaannya. Kita dapat melihat ini sebagai Meditative Mind.

Pada artikel di Indscript Creative  dikatakan "ketika pikiran sudah terlatih untuk lebih tenang, maka seseorang dapat menemukan sumber-sumber penyebab ketidakdamaian pada dirinya, dan memilahnya. Pikiran yang terlatih juga mempertajam intuisi, sehingga seseorang dapat terbantu manakala harus membuat keputusan penting. Intuisi tersebut akan membantunya menentukan mana yang terbaik dari sekian banyak pilihan atau informasi yang diterimanya."

Banyak situasi yang bisa kita manfaatkan antara lain:
- Ketika sedang menunggu. Apapun bentuk menunggu, seperti menunggu antrian, menunggu teman menjemput, menunggu di tempat makan, menunggu waktu pulang ketika pekerjaan telah selesai dan lainnya.
- Ketika istirahat. Pergunakanlah waktu istirahat ketika sekolah, bekerja, atau dalam perjalanan.
- Sebelum tidur. Sering terjadi sebelum tidur kita gelisah, cobalah sejenak hening untuk bermeditasi, kemudian berdoa sebelum tidur. Semoga kualitas tidur Anda nantinya akan menjadi lebih baik.

Adjie mengkatakan “Untuk itu, latihlah pikiran Anda melalui meditasi. Lakukanlah meditasi di mana pun Anda berada. Ketika Anda sedang antri di suatu bank, dan merasa kesal karena antriannya panjang, maka lakukanlah meditasi. Diamlah sejenak, berkonsentrasilah pada pernapasan. Hirup dan hembuskan napas selama satu menit. Rasa kesal itu akan hilang secara perlahan. Ajaklah orang-orang di sekitar Anda yang kemungkinan sedang merasa kesal juga untuk melakukan itu. Dengan begitu, secara tidak langsung, Anda sudah berbagi kedamaian dengan sesama.” Jangan ragu untuk mencoba meditasi sejenak hening. Dengan waktu yang sedikit akan berdampak besar dikemudian hari. Anda akan merasakan kedamaian.  :)

Artikel terkait:
 

Posting Komentar