Minggu, 02 Juni 2013

Penilaian Konsumen Terhadap Produk

Pernahkah Anda berbelanja? Setiap orang apapun pekerjaannya pasti pernah berbelanja. Pria atau wanita, pekerjaa kantoran hingga pedagang asongan. Pernahkah Anda memperhatikan orang lain berbelanja? Ataukah Anda menyadari ketika berbelanja dan melihat sebuah produk baru?

Coba perhatikan ketika seseorang berbelanja, tentunya ketika seseorang itu menemukan sebuah produk baru yang belum dikenalnya pasti akan diambil, dilihat dan dibaca produk apa yang menarik perhatiaanya. Nah ini pertanda seseorang lebih mudah tertarik dengan kemasan yang menarik. Hal lain juga dapat dilihat dari harga. Sudah tertanam di masyarakat bahwa harga mahal itu baik/bagus. Sebagai konsumen cerdas jangan berpatokan pada harga tetapi harus melihat dari kualitas produk, karena ini penting.

Kemasan, tampilan luar sebuah produk sangat menentukan dari indera penglihat konsumen. Tidak hanya itu saja, bila kita berbinis kuliner tempat usaha dijalankan harus diperhatikan. Dimana seperti warna cat pada dinding, desain ruangan, foto atau gambar pada menu yang tersedia juga sangat penting untuk diperhatikan. Coba perhatikan restoran cepat saji yang sudah terkenal, karakter warna, logo serta desain ruangan sangat mengundang bagi konsumen untuk datang.
“Itulah dampak dari cara penyajian sebuah produk. Konsumen menilai layak tidaknya harga dan kualitas sebuah produk dari kemasannya,” ujar Veronica Ratna Ningrum, WomanMarketer, pemilik PT Masterindo Multiguna dan salah satu Personal Branding Agency pada Indscript Creative.
Pada sebuah artikel milik Indscript Creative "desain kemasan produk adalah salah satu unsur yang seharusnya tidak diabaikan oleh para pebisnis. Secara psikologis, penampilan yang menarik akan mengundang lebih banyak perhatian dari orang lain, dan secara umum hal ini juga berlaku untuk produk barang maupun jasa.

Menurut Veronica ada beberapa unsur penting untuk diperhatikan saat membuat perencanaan kemasan produk antara lain adalah:
  1. Warna.
  2. Desain.
  3. Logo.  
  4. Bahan.
Tentu saja untuk merencanakan keempat unsur penting tersebut menjadi sebuah keterpaduan Anda membutuhkan konsultan marketing. Bila Anda membutuhkan seorang konsultan marketing silahkan menghubungi Veronica Ratna Ningrum,




Konsumen sebagai Raja memiliki penilaian dalam sebuah produk. BIla ingin konsumen loyal Produsen harus memahami keinginan konsumen dan memperhatikan unsur-unsur penting seperti yang dikatakan oleh Veronica.


Sumber

Posting Komentar