Selasa, 09 Oktober 2012

Guru: Pendidik, Orang Tua dan Sahabat



Merdeka!!

Guru bukan hanya pahlawan tanpa tanda jasa. Guru merupakan suatu pekerjaan mulia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Peranan seorang guru tidak hanya sebagai pendidik namun mereka orang tua ketika sebagian besar waktu pelajar berada disekolah. Sekolah adalah rumah kedua bagi pelajar dan guru menjadi orang tua disaat pelajar berada pada rumah kedua. Sebagai sahabat ketika melaksanakan kegiatan diluar pendidikan formal (ekstrakulikuler), guru selalu setia mendampingi dan membimbing segala kegiatan positif pelajar. Guru juga yang mampu memberi motivasi kepada anak didiknya, untuk lebih maju. Seorang guru juga memiliki rasa kepedulian yang tinggi.

Menjadi guru tidaklah mudah, sebagai tenaga pendidik mereka harus memiliki kemampuan disegala bidang. Dari segi keimanan dan ketaqwaan, kedisiplinan, intelektual guru menjadi tauladan. Guru tetaplah seorang tenaga pendidik yang berdedikasi tinggi menjalankan tugasnya. Tanggung jawab seorang guru bukan hanya di dunia namun juga di akhirat.

Di zaman yang serba canggih ini, tidak lantas memberikan kemudahan bagi seorang guru. Tetapi tugas mereka semakin berat. Dimana mereka harus juga mengikuti perkembangan ini dan tetap menjaga norma-norma yang berlaku. Memberikan pendidikan moral serta keimanan dan ketaqwaan kepada anak didiknya. Ini adalah hal utama yang harus diperhatikan untuk mencapai kesuksesan.

Ketika anak didiknya telah menggapai kesuksesan guru tetap menjadi guru. Memetik hasilnya melalui kebahagiaan atas keberhasilan dari anak didiknya. Dan itu bukan menjadi ukuran tingkat kepuasaan seorang guru. Dimana guru lebih merasa bahagia ketika anak didik yang telah sukses masih mengingat mereka.

***
Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Berjuta kata ku beri untukmu “pahlawan tanpa tanda jasa”
Jutaan kata Terima Kasih tak kan cukup
Keikhlasan, kesabaran adalah wujud pengabdianmu
Tanpa kata menyerah kau curahkan tenagamu untuk mencerdaskan anak bangsa
Inilah wujud pencerminanmu
Pantang menyerah

Inilah kami anak bangsa itu
Jadilah seritauladan bagi kami
Jadilah pembimbing kami
Didiklah kami sebagai penerus bangsa
Didiklah kami untuk meneruskan kemerdekaan
Tiada kata mundur bagimu
Setiap hari langkahmu adalah ibadah
Jejak yang terekam adalah pengabdian
Pahlawan tanpa tanda jasaku……

***

Sumber: youtube

***
Ketika SMA dahulu saya bersekolah di SMU YKPP Tanjung Uban, Kepulauan Riau. Bagi saya sekolah itu adalah rumah kedua. Dimana saya mendapatkan ilmu pengetahuan serta pengembangan diri yang membentuk pribadi saya. Saya mengakui peran guru itu begitu besar dan penting bagi kehidupan saya. Banyak motivasi, serta masukan yang mampu membentuk karakter dalam hidup saya. Tentu saja kedisiplinan juga saya dapat disini. Peraturan yang ringan namun mengikat dengan teratur.

Guru ketika itu telah saya anggap seperti orang tua. Lingkungan sekolah seperti keluarga. Kesan saya terhadap guru-guru yaitu mereka mampu memberikan semangat serta dukungan yang penuh kepada anak didik untuk lebih maju dalam pendidikan formal (mata pelajaran) dan kegiatan sekolah (ekstrakulikuler). Tentu saja di masing-masing anak memiliki pendapat tersendiri untuk guru favoritnya tapi saya dan delapan orang teman sepakat bahwa guru favorit kami ketika di SMU YKPP adalah Drs. Sutarto.  :)


Beliau memiliki cara tersendiri dalam mengajar, rasa humor yang tinggi tidak membuat beliau kehilangan wibawa seorang guru, hingga saat ini. Ada juga beberapa guru, kami merasa beliau adalah sosok guru yang disiplin, kreatif dan bijaksana. Semua guru tentunya memiliki tempat tersendiri di hati anak didiknya. Saya bangga menjadi anak didik pahlawan tanpa tanda jasa (Guru-guru SMU YKPP). Teruslah menjadi tauladan bagi anak didikmu.
Sumber

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam Gerakan Indonesia Berkibar

Sumber
 Merdeka!!

Tidak ada komentar: