Senin, 25 Maret 2013

Rendang Padang (tentu) Restu Mande

Masak. Sebagian besar wanita yang berusia 20an keatas tentu ada rasa ketar-ketir ketika menyadari dirinya tidak bisa memasak. Namun kebanyakan mereka yang bekerja menganggap sepele hal ini. Memasak bagi mereka bukanlah hal wajib seorang wanita. Ditambah lagi bergesernya zaman serta kemudahan di era serba canggih ini banyak warung, rumah makan, restoran cepat saji pun hadir dan laris manis. Namun tetap saja "Rumah Makan Padang" tidak hilang begitu saja.

Coba perhatikan disekitar lingkungan daerahmu (pertokoan) pasti ada warung, rumah makan bahkan restoran padang. :)
Aneka makanan yang disajikan warung, rumah makan serta restoran padang seolah memanjakan lidah pengunjung dan penikmat kuliner sejati. Kerumah makan padang tak lengkap bila tidak merasakan masakan padang yang hmm.. membuatu kita langsung menelan ludah, serasa rendang tersebut sudah ada dalam mulut kita.

Makanan apa yang terlintas bila melihat rumah makan padang?




Tentu saja ketika kita melihat rumah makan padang pikiran selalu teringat pada Rendang padang. Rendang berasal dari Sumatera, khususnya Minangkabau. Masyarakat Minang, rendang sudah ada sejak dahulu merupakan makanan tradisional untuk acara adat maupun keseharian. Ada juga yang berpendapat rendang telah lahir sejak orang Minang menggelar acara adat pertamanya, kemudian berkembang ke daerah melayu lainnya. Semua orang yang memakan daging tentu suka dengan rendang.


Rendang oh rendang ...

Salah satu makanan yang dikenal dunia adalah Rendang. Bukan hanya itu rendang juga termasuk makanan yang terlezat didunia. Kekayaan rempah indonesia tentu di akui dunia terbukti dengan rendang padang yang menjadi ciri khas makanan tradisional padang. Pada umumnya kita mengenal rendang berbahan dasar daging, santang, cabai, jahe, serai, lengkuas, bawang merah dan putih serta bumbu pelengkap lainnya. Tentu ada hal yang tersembunyi dari makanan rendang yang tidak kita sadari contohnya bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Rendang berbahan dari bumbu-bumbu alami juga memiliki sifat antispetik sehingga mampu membunuh bakteri patogen. Sehingga menjadikan rendang dapat awet secara alami. Ini yang mnejadikan rendang salah satu makanan yang dapat bertahan lama sekita satu hingga empat minggu dengan bahan alami (tanpa pengawet).

Selain itu proses "karamelisasi" istilah moderen yang digunakan saat ini, pemasakan yang membutuhkan waktu cukup lama sekitar 4-5 jam dengan panas api yang tepat. Proses yang cukup memakan waktu ini membuat daging menjadi empuk  serta bumbu meresap hingga kedalam daging. Meskipun proses yang cukup lama hingga santan mengental dan menjadi kering kemudian bumbu menyerap sempurna namun rendang tetap menjadi pilihan.

 

Resep asli rendang yang awal mulanya menggunakan bahan daging. Namun tidak ada salahnya kita juga bisa mencoba rendang dengan bahan utama lainnya, yaitu: 

  1. Rendang daging (Randang dagiang): rendang daging sapi, kerbau, kambing atau domba. Adalah jenis rendang yang paling lazim ditemukan.
  2. Rendang ayam: Rendang yang terbuat dari daging ayam
  3. Rendang bebek (Randang itiak): Rendang yang terbuat dari daging bebek
  4. Rendang hati: Rendang yang terbuat dari hati sapi
  5. Rendang telur (Randang talua): Rendang yang terbuat dari telur ayam, khas Payakumbuh
  6. Rendang paru: Rendang yang terbuat dari paru-paru sapi, khas Payakumbuh
  7. Rendang ikan tongkol: Rendang yang terbuat dari ikan tongkol
(www.wikipedia.com) 


Sekarang tidak usah bingung bila ingin makan Rendang padang yang enak dan terjamin kualitasnya. Randang Padang "Restu mande" adalah salah satu produk makanan kemasan. Bisa di konsumsi sendiri bisa juga sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara. "Restu mande" terbuat dari daging segar dan bumbu alamai pilihan, diproses dengan cukup lama sehingga mampu bertahan hingga satu tahun. "Restu mande" juga memiliki sertifikat halal dan dinas kesehatan. Jangan ragu untuk mencoba "Restu mande" karena memiliki sertifikat dari Dinas Kesehatan.




Sumber
Ingredients : Fresh Beef, Coconut Milk, Chili, Spices. No Preservative added and no MSG
Halal Certificate, MUI JB No. 01011056740311
Healty Certificate, Dinkes P-IRT : 8013273011830
Exp Date : One Year Netto : 300 Gram Price : Nutrition Fact:
100 Gr : 221,17 Calories

Protein : 38,012 gr, Carbohidrate : 10,344 gr, Fat : 18,750 gr

 

Rendang padang (tentu) "Restu Mande". Dagingnya yang empuk bumbu yang meresap sempurna sehingga kita ingin coba terus. :)


Sumber:
www.restumande.com 
www.wikipedia.com

 


Posting Komentar