Jumat, 08 Maret 2013

Memahami dunia marketing

  
Marketing. Mendengar kata itu dahulu sepeti sebuah pekerjaan yang melelahkan, penuh dengan beban dan target. Saya sendiri seperti antipati terhadap segala sesuatu pekerjaan yang berhubungan dengan marketing. Alasan spele yang terpatri dalam benak marketing itu harus pintar berbicara, bukan berarti saya tidak bisa bicara melainkan sifat pendiam bisa menjadi penghambat.
 
 
10 Tips Cerdas Marketing Ala Veronica Ratna Ningrum
 
Artikel sebelumnya dapat dilihat disini. Setelah mengetahui 10 tips cerdas milik Veronica Ratna Ningrum  ada sebuah dorongan yang menguatkan hati untuk mencoba dibidang marketing setidaknya untuk usaha sendiri meskipun masih dalam tahap perencanaan. Dari keseluruhan poin yang dijelaskan saya sangat setuju dengan mbak Veronica diposisi pertama untuk berada diposisi marketing yaitu Jadilah MATA-MATA dan CUSTOMER sebagai RAJA.

Mengetahui keinginan (kebutuhan) pasar tidaklah mudah, karena kebutuhan pasar beranekaragam. Seorang marketing harus mengerti dengan pasti apa yang trend saat ini. Agar tepat sasaran  seorang marketing juga harus benar memahami produk (usaha) yang dijalankan dengan benar. Sebuah usaha membutuhkan marketing untuk sukses, marketing harus memahami segala sesuatu tentang usaha tersebut. Marketing dan usaha merupakan mata rantai yang saling berhubungan.

Anggapan bahwa customer adalah raja itu benar. Seorang raja tentu ingin mendapatkan pelayanan, produk (jasa) yang baik. Standar pelayanan sebuah usaha (jasa) juga harus jelas, sehingga ini menjadi ukuran untuk usaha itu dapat berjalan atau tidak.
 
Baik menurut marketing belum tentu baik menurut costumer maka seorang pelaku marketing harus memiliki INTUISI dan menjadi EKSEKUTOR yang baik pula. SURVEI PASAR dan SURVEI KOMPETITOR juga harus rutin dilakukan ini digunakan untuk mengetahui perubahan apa yang terjadi dipasar. Kompetitor (pesaing) bukanlah ancaman melainkan sebagai cambuk untuk kita semakin jeli terhadap keinginan (kebutuhan) pasar.
 
Survei yang dilakukan juga bisa dijadikan untuk menciptakan sebuah inovasi baru dalam dunia usaha. Khususnya markeing semakin memahami apa yang harus mereka lakukan untuk mengembangkan usahanya. GHOST MARKETING (Pemasar Bayangan) juga dibutuhkan untuk mempromosikan produk terutama bagi produk (jasa) baru, tentu saja membutuhkan tenaga ekstra untuk mengembangkan bisnisnya.

Bila kita bisa memahami kebutuhan konsumen, membeikan pelayanan yang baik sesuai standar tentunya KONSUMEN LOYAL terhadap kita. Hal ini harus dijaga agar konsumen tidak pindah ke lain hati. Setelah usaha berjalan, cobalah untuk melihat kebelakang untuk merunut kembali saat usaha itu masih dirintis kemudian EVALUASI juga dibutuhkan agar segala sesuatu kebutuhan dalam menjalankan usaha dapat terkontrol dengan baik sehingga produk (jasa) yang diberikan pada konsumen juga memuaskan.
 
 
Sumber
 

Salah satu yang menjadi trend yaitu ciptakan brand yang mudah dikenal dimasyarakat. Seperti Veronica Ratna Ningrum merupakan salah satu Brand di Personal Branding Agency pada Indscript Creative.
 
Memiliki Brand yang mudah diingat dan mempunyai nilai jual bila pelaku marketing tidak mengerti pasar juga usaha akan jalan ditempat. Bagi Anda yang baru memahami dunia marketing seperti saya atau yang mempunyai usaha sendiri, yuk kita belajar dari mbak Veronica Ratna Ningrum.  :)
 
Semoga Bermanfaat...
 
Posting Komentar