Sabtu, 10 Maret 2012

Negeri Matahari Terbit

Sudah lama sekali saya ingin mencari tahu lebih dalam tentang Negara Jepang secara khusus. Walaupun apalah daya, seperti pungguk merindukan bulan. Keinginan itu harus saya telan dengan sempurna. yapss, Semua masih dalam sebatas keinginan saja. Ini hanyalah sebuah rangkuman saya dari apa yang telah saya baca, baik pada majalah, ebook, maupun saat blogwalking pastinya. Negara  kedua yang ingin sekali saya kunjungi setelah Makkah Al-Mukarrahmah adalah Jepang. Ketertarikan itu dimulai dari perilaku orang jepang yang begitu santun kalau itu. Diusianya yang cukup tua, beliau masih begitu bugar dan saya sangat terpanah dengan keramahan, menjunjung tinggi nilai kesopanan.


Ini yang benar-benar membuat saya terkesan pada orang jepang yaitu gaya berbicara dan bahasa tubuh. Setiap permintaan maaf selalu diikuti dengan gerak tubuh yang sopan. "Hai' Sumimasen.." itulah salah satu perkataan yang mudah saya tangkap kala itu. Orang jepang ternyata tidak mengenal berjabatan tangan ketika mengucapkan salam, tetapi membungkukkan badan seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Di ambil dari Bahasa tubuh dan Kimono

Pernah juga saya bertemu dengan beberapa anak muda jepang, mungkin bisa dikatakan seumuran dengan saya. Penampilannya yang mampu mencuri perhatian saya sejenak. Yaps, Jepang merupakan salah satu trendsetter, salah satunya adalah gaya Harajuku Jepang. Harajuku merupakan sebutan pada daerah sekitar Stasiun JR Harajuku di Distrik Shibuya, Jepang. Daerah Harajuku ini terkenal sebagai orang muda berkumpul, dengan mode khas warga muda Jepang. Terletak di sekitar Kuil Meiji.


Di ambil dari Harajuku Style
13206533541298001590
Di ambil dari Harajuku

1320653418893498505
Di ambil dari harajuku


Kimono  adalah pakaian tradisional Jepang. Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan
Pada zaman sekarang, kimono berbentuk seperti huruf "T", mirip mantel berlengan panjang dan berkerah. Panjang kimono dibuat hingga ke pergelangan kaki. Wanita mengenakan kimono berbentuk baju terusan, sementara pria mengenakan kimono berbentuk setelan. Kerah bagiankanan harus berada di bawah kerah bagian kiri. Sabuk kain yang disebut obi dililitkan di bagianperut/pinggang, dan diikat di bagian punggung. Alas kaki sewaktu mengenakan kimono adalahzōri atau geta


Di ambil dari Kimono Merah


kimono ladies
Di ambil dari Kimono Jepang


Di ambil dari Parisnya Jepang


Ingin rasanya berada pada posisi keramaian itu. Setidaknya bisa mengabadikan  perjalanan ke negara ini. Bermimpi adalah wajar. hal yang paling tepat untuk mewujudkan sebuah mimpi adalah berusaha dan berdoa. Amin.

Hari-hari besar di Jepang

1 Januari                       Hari Tahun Baru                Oshogatsu/Gantan
8-9 Januari                    Hari Kedewasaan               Seijin no Hi
11 Februari                    Hari Pendirian Negara        Kenku ZKinenbi
21 Maret                       Hari Awal Musim Semi       Shunbun no Hi
29 April                         Hari hijau                          Midori no Hi
3 Mei                            Hari Konstitusi                   Kenpo Kinenbi
5 Mei                            Hari Anak                          kodomi no Hi
17 Juli                           Hari Laut                           Umi no Hi
18 September                Hari Lansia                         Keiro no Hi
23 September                Hari Awal Musim Gugur      Shubun no Hi
8-9 Oktober                  Hari Olahraga                      Tai'ku no Hi
3 November                  Hari Kebudayaan                 Bunka No Hi



Setidaknya, sebelum saya berada jepang, saya telah mempunyai gambaran tentang Jepang. 

Tidak ada komentar: