Senin, 24 September 2012

Mengenali Potensi Diri 1

 
Sumber
 

Sebenarnya apa sih yang paling berperan dalam tubuh kita?

Pertanyaan ini sempat menggelayut dalam pikiran saya, ehmm.. ketika membaca sebuah status milik seorang teman pada sebuah socmed ada sebuah pertanyaan yang tidak sepatutnya untuk di tanyakan. Kata orang hal seperti itu mubazir. Ini menarik perhatian saya. Benar juga, terkadang untuk hal sepele pun kita sering berpikir itu adalah hal rumit. Kemudian saya teringat sebuah buku yan setahun lalu sudah khatam dibaca. Yaps, sebuah buku pocket karya Herry Wibowo yang berjudul "8 Magnet Sukses", banyak hal yang dapat kita pelajari dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. pada buku ini diajarkan kepada kita bagaimana bisa memaksimalkan segala sesuatu yang ada dalam diri kita dengan cara "Mengenali Potensi Dalam Diri".

Untuk menjawab pertanyaan diatas, agar mempunyai dasar yang lebih kuat. Akhirnya saya temukan pada buku tersebut di atas. Di sana tertulis "Potensi manusia yang terbesar adalah otak". Mengapa otak? tentu kita kembali bertanya? sedangkan ada fungsi organ tubuh lain yang tidak kalah penting dari otak, karena fungsi dalam tubuh manusia itu saling berkaitan. Dapat saya tarik kesimpulan, otak itu bisa kita ibaratkan sebuah pisau. Semakin sering digunakan tanpa di asah maka pisau itu akan tumpul, namun bila pisau itu kita gunakan dan kita asah kembali maka pisau itu akan tetap tajam. Begitu juga dengan bekerjanya fungsi otak kita.

Menyadari potensi dalam diri itu sungguh tidak mudah dibutuhkan kepekaan, kesadaran dan kemauan untuk menggalinya. Rasa ragu dan tidak yakin memang sebuah hambatan, namun bila kita mampu mengenali, mengatasi dan memaksimalkan potensi itu tentu saja akan berdampak luar biasa bagi kita. Sebagai contoh saja, banyak stasiun TV mengadakan acara pencarian bakat. Ini adalah momentum yang tepat bagi mereka yang sadar akan kemampuan diri mereka. Atau juga acara pemilihan Kontes Kecantikan yang ada pada setiap majalah atau seperti pemilihan Putri dan Miss Indonesia yang nantinya akan mewakili Indonesia di Kontes Dunia. :)

Hal lain bisa saja bermula dari sebuah hobi. Bila kita mempunyai sebuah hobi, cobalah kita untuk terus mengasah hal tersebut. Mencari tahu titik kelemahan kita dimana, menemukan kelebihan diri kita dimana. Dengan demikian kita bisa menyadari minat serta bakat yang dimiliki dari sebuah hobi. Sudahkah anda tahu potensi apa yang anda miliki?

Bila belum mari berpikir dari sekarang apa yang menjadi hobi anda? :)

Memaksimalkan kerja otak itu bisa dengan hal yang kita anggap sepele. Seringnya kita membaca koran, atau media online yang menyajikan sebuah pembahasan tentang suatu fenomena kemudian tanpa kita sadari bertemu dengan seorang teman bercerita menganalisa fenomena tersebut itu merupakan salah satu kita memaksimalkan kerja otak kita, mengisi TTS serta menulis.

Jadi, bagi siapa yang mempunyai hobi menulis selamat dech... Anda adalah salah satu orang yang mampu memaksimalkan otaknya. ;p

Terus bagaimana cara kita menggunakan otak kanan dan otak kiri??  Untuk memaksimalkan ini juga mudah yaitu dengan Senam Otak. Kemarin, teman saya yang kebetulan seorang guru TK pernah berkata bahwa anak TK sekarang sudah dilatih untuk menggunakan otak kanan dan otak kiri, mereka sering melakukan senam otak. Dengan menggunakan jari-jemari mereka. Duhh.. senangnya jadi guru TK selain lucu-lucu muridnya, sebagai guru yang mengajarkan murid senam otak secara tidak langsung sang guru juga ikut. Dengan demikian secara tidak langsung kegiatan ini adalah salah satu untuk memaksimalkan fungsi otak.

Waaahhh, selamat yah bagi guru TK kalian sungguh Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. :)

Sumber
"Jangan pernah takut untuk salah menentukan arah yang anda mau, sertakanlah doa dan keyakinan. Karena kesalahan sesungguhnya awal anda menemukan jalan yang benar"




Selamat Menggali Potensi Diri Teman!!
Merdeka!!
Posting Komentar