Sabtu, 05 Januari 2013

Berbatik: Kenapa tidak!

Yuk, berbatik biar makin cantik..

Batik merupakan salah satu ciri khas Negara Indonesia. Meskipun sempat diakui oleh Negara lain, sejak wacana itu berkembang batik seolah bangkit dan menjadi trend. Saya juga tidak banyak tahu tentang sejarah batik.Sejarah tentang batik saya dapatkan disini.  Batik secara historis berasal dari jaman nenek moyang dikenal sejak abad XVII yang dilukis pada daun lontar. Sejarah perkembangan pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan majapahit dan kerajaan sesudahnya. Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa jawa yaitu "amba" yang berarti Menulis dan "titik" yang berarti titik. 

Motif batik yang aku suka (burem)
Awalnya mungkin banyak yang beranggapan kalau batik itu kurang menarik untuk dipakai anak usia rentang 18-23. Tapi ternyata batik cocok dipakai segala usia. Hingga batik untuk anak kecilpun menjamur dipasaran. Dahulu baju batik terkesan sangat formal dan hanya cocok dipakai di waktu tertentu saja. Seiring waktu batik berkembang, kini  batik bisa dipakai diberbagai macan acara dan kesempatan. Saya ingat baju batik pertama yang dibeli karena di tempat kerja diharuskan memakai batik. Pulang kerja matahari pun sudah hilang, malam itu juga saya langsung cari baju batik yang menurutku bagus. Ternyata mencari batik yang pas dihati itu sulit, terlebih lagi beberapa tahun yang lalu batik dipasaran masih langka. Butik batik juga belum ada saat itu di tempat saya. Penjualan batik online juga masih jarang tidak seperti sekarang.

Saya sering melihat salah seorang nasabah yang setiap hari selalu menggunakan batik. Saya kagum dengan konsistensinya menggunakan batik bekerja setiap harinya. Batik itu ternyata menarik. Sejak itu keinginan saya untuk mengumpulkanbatik  pun di mulai. Meski dalam genggaman hanya beberapa batik saja.

Didaerah saya yang memiliki daerah wisata Lagoi tentu banyak dikunjungi oleh wisatawan, banyak juga pekerja bahkan para pengusaha asing. Saya bangga ketika ekspatriat memakai batik ketika bekerja dan di hari biasa. Saya berpendapat bahwa perkembangan batik saat ini dimulai dari model, jenis dan bahan yang digunakan juga menjadi daya tarik konsumen. Seperti batik yang mulai digunakan untuk pembuatan jaket, dompet, tas, sendal dll. Ternyata berbatik itu keren!! Batik online sekarang bisa kita dapatkan. Yuk lihat di canting www.berbatik.com

***

Saya di tengah  :)
Motif batik itu beraneka ragam tergantung dari proses pembuatan, asal daerah dan jenis gambar batik. Sejauh ini aku suka motif batik parang. Ada daya tarik tersendiri bila aku melihat orang mengenakan batik parang. Dan aku belum punya motif batik itu. :( Rasa penasaran tentang batik membawa aku untuk browsing tentang batik. Informasi motif batik ada disini. Motif batik adalah gambar utama pada kain batik, yang mencirikan dan menentukan jenis suatu batik.

Unsur-unsur utama yang terdapat dalam motif batik yaitu ornamen utama batik merupakan gambaran yang mencirikan suatu motif batik. Bagian utama dalam batik yang kemudian ornamen pelengkap berupa gambar-gambar untuk mengisi bidang, bentuknya lebih kecil, seta tidak memperngaruhi arti dan jiwa pola. Selain itu juga ada isen-isen motif merupakan garis atau gambar untuk lebih menghidupkan pola secara keseluruhan yang biasanya berupa cecek-cecek, sawut, dan cecek sawut.
Motif batik dapat digolongkan sebagai berikut
  1. Motif-motif geometris
    Yang termasuk golongan geometris adalah:
    - Motif banji yaitu motif klasik yang biasa adigunakan di daerah banyumas dengan mengambil dasar ornament lambang swastika yang dihubungkan dengan titik-titik.
    - Motif genggong Yaitu motif yang jumlahnya sangat sedikit, hampir sama dengan motif ceplok.
    - Motif Ceplok Yaitu motif yang mempunyai bidang gambar yang bentuknya bervariasi, seperti segi empat, lingkaran, dan segitiga.
    - Motif nitik dan anyaman yaitu motif yang tersusun dari variasi titik-titik yang sepintas seperti anyaman.
    - Motif Parang dan lereng Yaitu motif yang tersusun atas garis miring atau diagonal.
    - Motif Kawung Yaitu motif yang tersusun dalam bentuk bulat lonjong atau elips dan tertata menurut garis diagonal yang miring ke kiri dan ke kanan.
  2. Motif-motif semen
    Merupakan motif batik klasik yang tersusun secara bebas.
  3. Motif terang bulan
    Motif yang mengambil bentuk dari tumbuh-tumbbuhan atau bunga-bungaan sebagai ornament atau hiasan yang disusun secara meluas memenuhi bidang kain.
  4. Motif-motif modern
    Motif batik modern di Indonesia sebagai berikut:
    - Motif abstrak dinamis
    - Motif gabungan
    - Motif lukisan
    - Motif kontemporer
  5. Motif-motif pinggiran (Tepi kain Batik)
    Motif Batik yang khusus digunakan untuk hiasan pinggir kain atau motif untuk pemisah antara bidang yang berpola dengan bidang yang kosong.
Batik yang banyak diminati dewasa ini tentu motif batik modern. Indonesia memiliki banyak budaya yang bisa kita banggakan. Keanekaragaman ini juga tercermin dari jenis batik yang ada di Indonesia. Hal ini harus dijadikan modal Bangsa Indonesia untuk menarik minat Warga Asing berwisata di Indonesia. Jenis-jenis batik yang ada di Indonesia diantaranya:
  1. Batik Kraton
    batik kraton awal mula dari semua jenis batik yang berkembang di Indonesia. motifnya mengandung makna filosofi hidup. Dibuat oleh para putri kraton dan pembatik ahli yang hidup di lingkungan kraton.
  2. Batik Sudagaran
    Batik yang pemilihan bentuk-bentuk, stilasi atas benda-benda alam atau satwa maupun kombinasi warna yang didominasi warna soga maupun biru tua.
  3. Batik Petani
    Batik yang dibuat sebagai selingan kegiatan ibu rumah tangga, batik ini kasar dan kagok serta tidak halus motifnya turun temurun.
  4. Batik Belanda
    motifnya berupa bunga-bunga Eropa, seperti tulip, dan tokoh cerita dongeng terkenal.
  5. Batik Cina / Pecinan
    Merupakan akulturasi budaya antara perantau dari Cina dengan budaya lokal Indonesia. Ciri khas batik ini warnanya variatif dan cerah, dalam satu kain menampilkan banyak warna.
  6. Batik Jawa Hokokai
    Batik yang berkembang pada masa penjajahan jepang di pesisir utara jawa. Motif yang dominan adalah bunga sakura dan krisan.


    Sebagian kecil corak batik

Dari gambar di atas kita bisa melihat bahwa batik memiliki banyak corak yang indah dan menarik. Batik berdasarkan teknik pembuatannya batik memiliki 3 cara yatiu batik tulis merupakan kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik menggunakan tangan. Ada juga batik cap adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan cap (biasanya terbuat dari tembaga) Selanjutnya yaitu batik lukis yaitu cara pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih. Ciri khas batik juga dapat dilihat dari daerah asal pebuatannya. Batik Jawa adalah sebuah warisan kesenian budaya orang Indonesia yang dikuasai secara turun temurun. Ada juga Batik Tiga Negeri yaitu batik yang dalam satu kain terdapat warna merah biru soga atau warna biru diganti ungu dan hijau. Selain itu Batik Jawa Hokokai batik pada masa penjajahan jepang di pesisir utara jawa dengan motif dominan bunga sakura dak krisan.

***

Saat ini zamannya belanja online kemudahan berada ditangan ada. Di www.berbatik.com merupakan e-commerce pertama yang menyediakan batik dengan berbagai macam jenis. Terutama batik dengan model yang sangat modern. Banyak koleksi baju batik yang menarik di www.berbatik.com. 


Canting Ayu
Gambar batik  Canting Ayu diatas cocok bukan hanya untuk wanita kantoran saja, tetapi bisa digunakan berbagai macam kalangan dan berbagai macam kesempatan. Tidak ada kata ketinggalan zaman untuk batik. Yuk berbatik.. biar makin cantik!

Batik Tanpa Nama
 Batik dengan gaya modern tentu saja menjadi pilihan anak muda masa kini. Berbagai macam acara formal maupun non formal juga bagus untuk digunakan. Apalagi perpaduan warna yang cerah, semakin menambahkan keindahan pada setiap model batiknya.

All item di www.berbatik.com
Yuk, berkunjung ke www.berbatik.com!!

Semakin mengetahui tentang batik ada keinginan untuk belajar membatik. Ingin sekali membuat pola batik kemudian memindahkan pola pada kain, kemudian melukisnya dengan canting lalu menutup bagian-bagian yang tidak berwarna dengan lilin (malam), pewarnaan, nglorod (proses membilas atau meluruhkan lapisan malam) hingga mencuci dan kemudian menjemurnya hingga bisa digunakan sendiri. UNESCO menetapkan batik sebagai warian budaya tak benda. Jadi setiap tanggal 2 Oktober kita Bangsa Indonesai harus menggunakan batik. Meskipun dihari lain tidak ada salahnya kita menggunakan batik. Berbatik, kenapa tidak! Yuk, pakai batik sebagai salah satu  identitas Bangsa Indonesia. :)




Banner Kontes Blog Aku Berbatik



 Sumber:
1. www.berbatik.com
2. www.google.com -> untuk gambar corak batik
3. http://langkahberlari.blogspot.com
Posting Komentar