Sabtu, 26 Januari 2013

Selamatkan Pohon mulai dari sekarang


"Tanpa disadari pohon menjadi primadona seluruh manusia"
 

Sumber
Mengapa saya mengatakan primadona, alasannya pohon itu memiliki banyak fungsi. Pohon memiliki fungsi sebagai penghijauan, dimana lingkungan tampak lebih asri dengan adanya pepohonan yang rimbun. Pohon juga bisa menjadi alternatif kita berteduh dari teriknya sinar matahari. Saya yakin semua orang tentu menyukai daerah yang nyaman dan adem. Selain itu, pohon juga mampu menyerap air. Sehingga daerah resapan air (hutan, taman kota) sangat diperlukan untuk mencegah banjir.


Sekecil apapun usaha kita untuk menghemat kertas, dikemudian hari tentu akan mendapatkan hasil. Coba kita mengingat kembali kapan terakhir kita menggunakan kertas? 
Setiap orang pasti memili jawaban berbeda. Saya yakin setiap hari kita pasti menggunakan kertas tanpa kita sadari. Terlebih ketika pertanyaan itu "Berapa banyak kertas yang anda gunakan dalam sehari?" Menghitung banyaknya kertas seperti membuang waktu. Perlu kita  ingat, banyak pekerjaan membutuhkan kertas. Bahkan anak sekolah pun menulis dikertas (buku) mulai dari playgroup yang belajar mewarnai, mahasiswa dalam penyelesaian skripsinya, perkantoran dalam penyelesaian surat-menyurat, pengarsipan, dari pedagang keliling sampai hotel berbintang.

Nah, bagi saya yang paling ekstrem meskipun spele untuk kalangan mahasiswa adalah masa pemborosan kertas. Lupakan sejenak ketika proses perkuliahan, berapa banyak kertas yang telah digunakan untuk membuat makalah, UTS/UAS dan Kuis. Mari kita fokuskan pada tahap penyelsaian skripsi. Ketika tahap bimbingan tentu ada saja yang harus kita revisi, hal ini cukup memakan banyak kertas. Meskipun terkadang kita mengakali agar tidak terlalu banyak print out. Sebagian kecil mahasiswa yang mau menjual kertas bekas sebagian besar tentu membuang bahkan membakar kertas tidak terpakai.

Bukan hanya itu saja, surat kabar, tabloit dan majalah yang terbit setiap hari, mingguan, dwimingguan, ataupun bulanan pasti menggunakan kertas yang sangat banyak. Meskipun saya tahu ada beberapa tempat yang masih menggunakan kertas bekas untuk membungkus ada juga yang melakukan pengolahan kertas yang kemudian dijadikan sovenir menarik. Mungkin, beberapa tahun kedepan semakin berkembangnya teknologi mampu mengurangi penggunaan kertas. Khususnya dalam penyelesaian skripsi, mungkin bisa digunakan cara lain yang tepat dan efisien terutama dalam penghematan penggunaan kertas.

Saya sendiri pusing membayangkan berapa banyak pohon hilang ketika kita menggunakan ketas dalam sehari, kemudian terlintas masih cukupkah persediaan pohon hingga 10 tahun mendatang. Ah, rasanya hal sekecil apapun dalam penggunaan kertas bila kita hitung selama kita hidup tentu sudah banyak pohon yang hilang dimuka bumi ini.


Mari selamatkan pohon mulai dari sekarang!
Manfaatkan kertas dengan semaksimal mungkin, sayangi kertas sebagaimana kita menyayangi keluarga kita. Bila lingkungan rumah dekat dengan daerah pengolahan kertas, manfaatkan lokasi itu untuk mengolah kertas yang tidak terpakai. Hal kecil yang kita lakukan akan berdampak besar dikemudian hari. :)

Posting Komentar