Sabtu, 15 Desember 2012

Televisi Idaman Masyarakat

Hujan menghentikan langkah saya yang ingin keluar sekedar mencari angin segar. Iseng-iseng buka Facebook LG Home Entertaiment Indonesia. Ada informasi tentang Blog Contest LG. Jemari ini pun segara ingin menari dengan lincahnya. Namun saya tunda dulu, tentu saja ada syarat dan ketentuan yang harus dibaca untuk Blog Contest ini.

 LG Home Entertainment Indonesia Blog & Writing Contest 2012

Temanya sangat menarik yaitu "MANFAAT TV UNTUK KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK". Tema ini juga di bagi dalam subtema yaitu: Teknologi Televisi Masa Depan dan TV 3D Terbaik. Tidak perlu lama lagi saya tertarik untuk membahas Teknologi Televisi Masa Depan, karena saya yakin LG selau ingin melakukan perubahan dari segi Teknologi Televisi Masa Depan. Teknologi yang semakin baik juga akan memberikan motivasi untuk menciptakan hal yang lebih baik lagi dikemudian hari. Setelah membaca beberapa artikel ini, disini dan ada juga disini. Nantinya saya akan mencoba mereview kembali. :)

***
Apa sebenarnya manfaat televisi itu?

Sesungguhnya manfaat televisi bagi saya yaitu sebagai sumber informasi dan hiburan secara visual. Berita terkini yang hadir menjadi sebuah pengetahuan yang berarti. Ada juga beberapa talkshow yang bagi saya mendidik. Mampu meningkatkan pengetahuan baik itu acara religi maupun pengetahuan umum biasa. Sesekali tentu juga tertarik untuk melihat perkembangan infortaiment yang terkadang menjemukan.

Mengapa menjemukan? karena untuk pemberitaan satu artis bisa diseluruh infortaiment. hehee.. Terkadang juga harus mengelus dada, melihat pemberitaan tentang artis yang saya rasa hanya untuk mendongkrak popularitas. Aduhh.. kok jadi keasikan bicarain artis. :p Mari kita lanjutkan.

Saya suka dengan acara masak memasak. Masak?? yah saya akhir-akhir ini suka acara tersebut. Wajar saja sebagai seorang wanita kodratnya salah satunya harus bisa memasak. Saya sangat terinspirasi dari acara-acara tersebut untuk bisa memasak. Alhasil, dengan keberanian coba-coba saya pernah memasak apa yang pernah didemokan diacara televisi tersebut. Meskipun tidak 100% bahan dan cara membuatnya sama, karena saya hanya mengandalkan daya ingat (padahal pelupa).
 

Tidak sebatas itu saja manfaat televisi bagi saya. Televisi juga sebagai pengusir rasa bosan ketika saya lelah beraktivitas. Televisi juga termasuk hiburan yang praktis dan ekonomis, karena bisa sambil malas-malasan, duduk santai kita bisa mendapatkan hiburan. Meskipun harga televisi di zaman sekarang selangit, televisi sepertinya menjadi salah satu kebutuhan pokok.Tentu saja semakin lengkap fitur yang ditawarkan, harga jual juga semakin tinggi.

Sebagai penonton yang cerdas kita juga harus dapat memilih tontonan yang cerda pula. Jangan acara televisi yang memperdayakan kita, tetapi kita yang harus dapat mneyaring acara televisi sesuai dengan kebutuhan kita.

Jadi, manfaatkan televisi untuk kehidupan yang lebih baik.

***

Sumber
Disini, pertama kali akan membahas bagaimana panduan cara menghubungkan LG CINEMA 3D Smart TV. Dengan demikian kita dapat segera menjelajahi berbagai fitur luar biasa yang telah menanti untuk ditemuka. Yang kita butuhkan yaitutentu saja LG CINEMA 3D Smart TV, Kabel Ethernet atau Modem/Router Wireless, kemudian yang terpenting koneksi internet


Langkah Pertama

http://lgsmart3d.com/wp-content/uploads/2012/11/LG_CINEMA_3D_SMART_TV_Internet-Connection_1.jpgDengan TV dalam keadaan mati (off), sambungkan salah satu ujung Kabel Ethernet ke Port LAN TV Anda, sesuai dengan gambar dibawah ini. Ujung Kabel Ethernet yang lain harus dihubungkan ke perangkat Ethernet atau Modem/Router. Jika Anda menggunakan jaringan nirkabel (wireless), maka Anda dapat melewati tahap ini.




Langkah Kedua

Hidupkan TV Anda dan arahkan ke icon “Settings” pada Menu Utama.



Langkah Ketiga

Pada menu Settings, klik icon “Network” yang akan mengarah ke daftar pilihan. Klik “Network Connection.”



Langkah Keempat

Klik “Start Connection”.



Langkah Kelima

Pilih koneksi Anda. Jika Anda terhubung ke internet melalui kabel Ethernet, maka klik “Wired Network”. Jika Anda terhubung ke internet melalui koneksi nirkabel, maka pilihlah jaringan nirkabel (Wireless Network) yang sesuai dan masukkan kunci keamanan (Password) untuk mengakses jaringan Anda.



Mudah bukan?! Setelah kita telah terhubung ke Internet! Kita bisa  memulai surfing web, klik pada ikon internet di Menu Home Anda yang akan memunculkan sebuah browser yang menyerupai jenis browser yang  digunakan pada PC kita. Mudah sekali!





Jangan lupa untuk memastikan dan mencoba aplikasi berbasis Internet lainnya, seperti YouTube untuk video, Facebook untuk jejaring sosial, dan Hulu untuk acara TV dan film untuk mengeksplorasi semua manfaat dari konektivitas internet di layar besar LG CINEMA 3D Smart TV!

***

Produk yang LG tawarkan sangatlah bermutu dan lengkap. Semua produk LG juga selalu mengedepankan kemajuan teknologi salah satunya telah diuraikan diatas. 3D TV 84" LM9600 Ultra High Definition. Saya sungguh harus mengucapkan kata woooww!! Ukuran yang bisa dibilang raksasa ini memiliki kelebihan yang luar biasa.

LG UHD 3D TV 84inch ini merupakan TV 3D Terbesar. Tentu saja memiliki keistimewaan pada resolusi gambar Ultra High Definition. Menjadi istimewa karena resolusi Ultra High Definition ini setara dengan empat kali lipat resolusi Full High Definition (HD). LG 84"LM9600 muncul perdana pada perhelatan besar tahunan industri elektronik rumah tangga yang berlangsung di Las Vegas yaitu Consumer Electronic Show 2012 januari silam.

Sejak kemunculannya langsung menarik perhatian publik dengan mencatatkan diri sebagai 3D TV pertama di dunia dengan bentang layar TV 3D terbesar yang didukung resolusi Ultra High Definition. Bila kita membantingkan secara visual bentang layar 84 inch pada LG 84LM9600 ini setara dengan empat unit TV berbentang layar 42inch yang disusun dalam matriks 2 x 2. Menakjubkan!! Bila menonton TV dirumah dengan bentang layar super jumbo ini seperti merasakan menonton di bioskop. Merasakan kenyamanan menonton bioskop di rumah kita sendiri.


Sumber
Bila kita melihat dari ketajaman dan detail warna dari resolusi Ultra High Definition miliknya. Dengan tingkat resolusi ini, LG 84inch Ultra High Definition 3D TV menawarkan resolusi empat kali lipat (3840x2160p) dibanding dengan resolusi TV Full HD (1920 x 1080p). Ultra High Definition merupakan resolusi gambar tertinggi yang ada di dunia saat ini. Dipilihnya tingkat resolusi gambar ini dengan pertimbangan memastikan setiap detail dalam gambar tertayang dari layar lebarnya dapat tampil dengan baik. Hal yang sekaligus menjawab kelemahan tingkat resolusi Full HD apabila diterapkan pada layar ekstra besar.




Seri LG 84LM9600 pengguna mendapatkan ketajaman dan detail dari setiap tayangan dan LG memberi kepadatan warna layar mencapai 8 juta piksel pada setiap frame. Tentu saja keistimewaan ini lahir dari ‘mesin canggih’ LG Triple XD Engine yang dibenamkan di dalamnya. Ada juga tambahan fitur Resolution Upscaler Plus, memungkinkan gambar dari sumber eksternal seperti hard drive dan konten website tertayang dengan detail lebih rinci.

Hal lain yang menjadi pokok perhatian dari perusahaan elektronik berbasis di Korea Selatan ini ketika mengambil keputusan untuk menancapkan sistem audio dengan kanal 2.2 (2.2 channel speaker system) berdaya bunyi 50Watt. Rinciannya, dua buah speaker berkekuatan bunyi 10Watt ditambah dua buah sub-woofer masing-masing berdaya bunyi 15Watt tersemat di bagian belakang tubuh LG 84LM9600. Luar biasa kekuatan ini semakin menunjukan performa LG semakin solid.


Terobosan teknologi terkini menciptakan ‘keajaiban’ dalam LG 84inch Ultra High Definition 3D TV. Meskipun demikian, LG tetap mempertahankan penggunaan ‘kunci utama’ untuk  memastikan kenyamanan dalam menyaksikan tayangan 3D yaitu penggunaan teknologi Film Patterned Retarder (FPR).

 
 Berdasarkan sumber yang saya baca Teknologi FPR (Film Patterned Retarder) yang digunakan pada 3D TV menghadirkan kualitas tampilan 3D yang spektakuler tanpa efek kedipan (Flicker Free) dan efek gambar berbayang (No Crosstalk). Berikut ini adalah 6 keunggulan teknologi FPR yang membuat tayangan 3D menjadi begitu nyata dan indah :

1. Bebas Kedipan

Kacamata FPR 3D tidak menyebabkan efek berkedip. Ini dikarenakan pemisahan gambar dilakukan pada panel layar 3D TV, maka kedua lensa kacamata tersebut menerima gambar kanan dan kiri secara bersamaan. Keunggulan teknologi ini diperkuat dengan didapatkannya sertifikasi “Flicker Free” yang dikeluarkan oleh TÜV (salah satu lembaga jasa sertifikasi yang memiliki otoritas tertinggi di eropa dalam menetapkan standard teknis dan keamanan). Sedangkan kacamata SG 3D (Shutter Glasses 3D) menerima gambar kanan dan kiri secara bergantian karena pemisahan gambar dilakukan pada kacamata. Pada saat lensa kiri menerima gambar, maka lensa kanan ditutup dan sebaliknya, sehingga pergantian tersebut menimbulkan efek berkedip. Mata kita akan dimanjakan dengan kacamata SG 3D.

2. Lebih Cerah

Akibat dari kedua lensa kacamata FPR 3D menerima gambar kanan dan kiri secara bersamaan, maka cahaya yang berkurang tidak signifikan bila dibandingkan dengan SG 3D yang terus-menerus menutup lensa kanan dan kiri secara bergantian. Sebagai hasilnya, FPR 3D TV menghasilkan gambar yang lebih cerah dan kita semakin nyaman.

3. Kacamata yang Nyaman

Kacamata SG 3D lebih berat dan jauh lebih mahal dibandingkan kacamata FPR 3D, serta tidak dapat digunakan secara bergantian antara merek 3D TV yang satu dengan yang lainnya. Kacamata FPR 3D bebas baterai dan elektronik, yang membuatnya lebih ringan dan murah. Beberapa produsen bahkan menawarkan clip-on, sehingga orang yang menggunakan kacamata mendapat kemudahan untuk menikmati tayangan 3D di 3D TV.

4. Bebas Efek Gambar Berbayang

Teknologi 3D kacamata SG 3D membutuhkan singkronisasi sinyal antara televisi dengan lensa kanan dan kiri dari kacamata 3D tersebut.  Sinyal ini kadang-kadang tumpang tindih, sehingga menghasilkan gambar berbayang yang membuat tampilan gambar 3D menjadi buram. Teknologi FPR yang digunakan pada FPR 3D TV memisahkan gambar 3D, yang kemudian diterima oleh lensa kiri dan lensa kanan secara bersamaan, sehingga mengurangi efek gambar berbayang.

5. Refresh Rate yang lebih Tinggi

Kacamata SG 3D hanya dapat menampilkan sebuah gambar 3D utuh 60 kali per detik (60Hz). Sedangkan Layar FPR 3D mampu menampilkan gambar 3D utuh pada tingkat 120Hz atau 240Hz per detik, yang artinya 2 atau 4 kali lebih banyak daripada SG 3D.

6. Generasi 3D Berikutnya

Kacamata SG 3D membutuhkan efek buka tutup untuk dapat menghasilkan gambar 3D, Sementara pada FPR 3D, gambar 3D dihasilkan langsung pada layar televisi. Wow, tidak ada kata rugi setelah kita bisa menikmati fungsinya ada.


Fitur Unggulan
Sumber
3D Yang Nyaman 3D Yang Nyaman
Kacamata Cinema 3D sangat ringan, bebas baterai dan harga yang terjangkau. Selain itu TV CINEMA 3D mempunyai sudut pandang yang luas, membuat Anda menonton dengan lebih fleksibel dan nyaman.
Cinema Screen Cinema Screen
CINEMA 3D LG tampil dengan desain tanpa frame yang memberikan Anda pengalaman menonton seperti di bioskop di rumah.
Bebas Kedipan Bebas Kedipan
Tidak seperti TV 3D konvensional, LG CINEMA 3D Smart TV telah tersertifikasi bebas kedipan dan mampu memberikan gambar 3D lebih tajam. Mata lebih mudah menangkap gambar yang jelas dan jernih
Suara Efek 3D Suara Efek 3D
CINEMA 3D LG kini hadir dengan fitur 3D Sound yang membuat sensasi 3D lebih nyata
3D Depth Control 3D Depth Control
Menonton 3D akan lebih nyaman dan menyenangkan. Dengan pengaturan kedalaman 3D, Anda dapat mengatur tingkatan efek 3D sesuai yang Anda inginkan.
3D World 3D World
3D Movie : Dapatkan film 3D dengan mudah melalui 3D World


3D Games : Temukan kesenangan yang lebih melalui beragam game yang disediakan LG CINEMA 3D
Konversi 2D ke 3D Konversi 2D ke 3D
LG memperbaharui fungsi 2D ke 3D. Sekarang Anda dapat menonton gambar 2D menjadi 3D dengan efek yang lebih menakjubkan.
Dual Play Dual Play
Teknologi terbaru yang memberikan kenyamanan para gamers dalam memainkan game-game split screen dalam tayangan full screen.




LG juga memiliki Fitur Unggulan Fitur Unggulan yaitu sebagai berikut:


Magic Remote Magic Remote
Pointing : Hanya "tunjuk" dan "klik" - Kemudahan Magic Motion untuk Smart TV Anda
Gesture : Lakukan gerakan simpel pada Magic Motion Anda untuk melakukan perintah khusus dan mempersingkat waktu.
Wheel : Lakukan gerakan Scroll naik dan turun seperti "mouse"
Search Search
Selamat datang di Universal Search dengan hanya mengetik kata kunci dari konten yang Anda inginkan. Universal Search akan mencari VOD konten, video online dari Youtube dan materi siaran yang ada.
Home Dashboard Home Dashboard
Home dashboard baru dari LG Smart TV datang dengan desain yang lebih dinamis, simpel, dan memberikan banyak ruang untuk improvisasi.
Smart Share Plus Smart Share Plus
Smart Share Plus memudahkan Anda dalam berbagi konten dan perangkat eksternal seperti Smartphone, Tablet, Laptop dengan menggunakan jaringan Wi-Fi. Anda juga dapat menyaksikan tayangan TV di perangkat Anda dengan fitur ini.
K-Pop Zone K-Pop Zone
Jika Anda adalah K-Pop Lovers, LG akan memenuhi kebutuhan Anda dengan aplikasi K-Pop Zone. K-Pop Zone memberikan Anda konten eksklusif dari konser, interview, K-Pop show yang tidak dapat Anda temukan dimanapun selain di aplikasi ini.
Skype Skype
Dengan Skype di LG Smart TV, Anda dapat melakukan Video Call dengan orang-orang tercinta dan berbagi momen-momen istimewa Anda dengan mereka.
Social Center Social Center


Social Center/SNS memberikan fitur dimana Anda dapat menggunakan aplikasi jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sambil menonton TV. Pengalaman ini akan seperti menyaksikan TV bersama teman Anda, dimanapun mereka berada.
Premium Content Premium Content
Premium Content yang kini berbentuk "Card" mengkategorisasikan konten-konten yang paling populer dan cocok dengan portal TV. Nikmati konten-konten tersebut kapan saja dimana saja.

Saya harus ucapkan wow! sambil koprol kali ini, hehee... Bagaimana tidak, saya harus mengangkat dua jempol tangan saya untuk TV LG 84"LM9600. Luar Biasa!!

Mengingat kita bisa menonton sambil memanfaatkan jejaring social. Selain itu juga, meiliki fitur "Smart Share Plus"  dengan menggunakan fitur tersebut laptop, tablet dan smartphone dapat terkoneksi di televisi ini. Banyak fitur unggulan lainnya yang memang dibutuhkan dimasa depan. Kemudahan semakin menjadi milik kita.










 Hmm, saya sangat tertarik dengan fitur yang ditawarkan. Tidak ada salahnya donk bila saya meninginkan LG 84" LM9600 ada dirumah saya. :p. Namun apalah daya saya harus menelan ludah kembali menahan keingingan tersebut hingga uang tabungan cukup untuk membelinya.

Saya yakin anda juga tertarik bukan?! :)

Ayooo tunggu apalagi............

Tulisan ini diikutsertakan dalam "LG Home Entertainment Indonesia Blog & Writing Competition"


Posting Komentar